Klasemen MotoGP: Jatuhnya Bagnaia Bikin Quartararo Melesat di Puncak

Memasuki seri keenam musim 2021, pembalap MotoGP dari Yamaha Movistar, Fabio Quartararo, menunjukkan tanda-tanda bahwa ia benar-benar ingin bersaing untuk merebut gelar. Dibanding dengan musim lalu, capaian Quartararo sejauh ini meningkat pesat untuk periode yang sama.

Kemenangan di Sirkuit Mugello pada Grand Prix Italia 2021, Minggu (30/5), menempatkan pembalap berkebangsaan Prancis tersebut di puncak klasemen dengan selisih yang semakin melebar dari pembalap di posisi kedua. Quartararo sejauh ini telah meraih empat podium dengan tiga di antaranya berakhir di podium utama.

Seratus lima angka yang dimiliki Quartararo hanya berselisih 22 angka saja dari total 127 angka yang dikumpulkan sang pembalap di keseluruhan musim lalu. Plus menjaga jarak 24 angka dari Johann Zarco di posisi kedua serta 26 angka dari Franseco Bagnaia di posisi ketiga.

Klasemen sementara sampai awal pekan ini juga sangat dipengaruhi oleh jatuhnya Bagnaia yang sebenarnya memulai balapan dari start terdepan. Jatuh dan gagal mendapatkan angka membuat pembalap Ducati tersebut harus puas digeser oleh Johann Zarco yang finish keempat di Mugello.

Di sisi lain, juara bertahan dari Suzuki, Joan Mir, juga mulai menunjukkan tren yang tak berbeda dari yang ditunjukkannya musim lalu, yakni bermain konsisten. Finish di posisi ketiga di Italia, Mir naik ke posisi kelima dengan mengumpulkan 65 angka atau berjarak 40 angka dari Quartararo.

Pembalap Ducati yang merebut dua gelar juara musim ini, Jack Miller, juga belum menunjukkan konsistensinya. Setelah menang di Spanyol dan di Prancis sebelumnya, Miller harus puas di posisi keenam dan menempati barisan keempat di papan klasemen dengan 74 angka.

Sementara itu, dua rival besar yang mendominasi perhatian dalam satu dekade terakhir, Marc Marquez serta Valentino Rossi, masih berjuang keluar dari masa sulit. Marquez terjatuh dan untuk kali kedua secara beruntun ia tak bisa mendapatkan angka sementara Rossi mendapatkan sepuluh besar pertamanya musim ini.

Marquez dan Rossi kini berada di posisi ke-18 dan ke-19 klasemen MotoGP di mana masing-masingnya mengumpulkan 16 dan 15 angka. Berikutnya, mereka masih bisa mencari angka ketika balapan dihelat di kota kediaman Marquez di Sirkuit De Barcelona untuk Grand Prix Katalunya 2021, akhir pekan ini.

 

Sumber : akurat.co
Gambar : Akurat.co

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *