Dapat Instruksi Jokowi, Menpora Bergerak Siapkan Piala Dunia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) dan Instruksi Presiden (Inpres) terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021. Terbitnya Keppres dan Inpres tersebut membuat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) langsung bergerak untuk persiapan.

Keppres Nomor 19 Tahun 2020 yang ditetapkan pada 15 September 2020 berisi tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2021. Sedangkan Inpres Nomor 8 Tahun 2020 berisi tentang Dukungan Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2021.

“Keppres dan Inpres terbit kemarin ini dasar bekerja untuk kepanitiaan dan dukungan fasilitas sudah ada. Dengan adanya Keppres dan Inpres ini kami langsung akan bergerak. Jumat (18/9) saya akan ke Jawa Timur, meninjau tempat yang sedang disiapkan untuk latihan dan pertandingan Piala Dunia U-20.”

“Sampai hari ini komunikasi dengan FIFA oleh PSSI masih lancar dan masih sesuai jadwal yang ditetapkan dan mudah-mudahan setelah Keppres dan Inpres ini terbit semua pekerjaan dan persiapan semakin lancar,” kata Menpora Zainudin Amali yang juga Ketua INAFOC [Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee] saat konferensi pers virtual, Kamis (17/9).

Dari sisi INAFOC sebagai penyelenggara, lanjut Menpora, tidak terlalu banyak masalah karena hanya mempersiapkan hospitality dan tempat yang dalam pelaksanaannya dipandu FIFA.

Menpora menambahkan yang harus bekerja keras yakni terkait persiapan infrastruktur sarana dan prasarana maupun persiapan venue yang berada di bawah tanggung jawab Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sebab dicontohkan Menpora, proses penumbuhan rumput di stadion maupun lapangan latihan butuh berbulan-bulan.

Dalam Keppres disebutkan bahwa dewan pengarah ada di Menko PMK yang dibantu beberapa kementerian terkait. Meski begitu, sampai saat ini INAFOC disebut Menpora belum memiliki susunan kepanitiaan yang lengkap.

“Kepanitiaan tentu tidak mungkin pemerintah sendiri. Kami melibatkan banyak pihak khususnya PSSI. Karena PSSI yang berkomunikasi dengan FIFA. Wakil Ketua INAFOC juga Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto.”

“Kami sedang rapat apakah ini cukup dengan satu Wakil Ketua Umum di INAFOC atau butuh lebih. Ini akan kami pertimbangkan,” ujarnya.

Piala Dunia U-20 2021 direncanakan berlangsung 20 Mei-12 Juni. Sebanyak 24 negara dari enam konfederasi berbeda akan memeriahkan salah satu turnamen sepak bola bergengsi di level kelompok umur ini.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Goal.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *