Rajapaksa Dilantik Jadi PM Sri Lanka untuk Kali Keempat

Ketua partai Podujana Peramuna, Mahinda Rajapaksa, dilantik menjadi perdana menteri baru Sri Lanka pada Minggu 9 Agustus 2020. Ia dilantik usai partainya menang telak dalam pemilihan umum legislatif.

Rajapaksa mengucapkan sumpah jabatan dalam seremoni di Kelaniya Temple, sebuah kuil Buddha di pinggiran ibu kota Colombo. Pelantikan dihadiri jajaran diplomat dan anggota legislatif partai berkuasa dan juga oposisi.

Dikutip dari laman The Straits Times, ini merupakan pelantikan keempat Rajapaksa sebagai PM Sri Lanka. Partainya mendapat 145 dari total 225 kursi dalam pemilu legislatif pada 5 Agustus lalu.

Jajaran kabinet Rajapaksa akan mengucapkan sumpah jabatan pekan ini.

Menurut Komisi Pemilu Sri Lanka, pemilu pada Rabu kemarin merupakan yang paling damai dalam sejarah negara. Angka keikutsertaan warga juga relatif tinggi, yakni 71 persen.

Pemilu legislatif Sri Lanka digelar di bawah protokol kesehatan ketat karena adanya pandemi virus korona (covid-19). Virus itu telah menginfeksi lebih dari 2.800 orang di Sri Lanka.

Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa, adik dari Mahindra Rajapaksa, mengatakan bahwa parlemen baru akan menggelar pertemuan perdana pada 20 Agustus mendatang.

 

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *