Polisi soal Antrean di Bandara Soetta: Tak Ada Penumpukan

Foto antrean penumpukan penumpang di Bandara Soekarno Hatta ramai beredar di media sosial, Kamis (14/5) hari ini.

Kasat Reskrim Polres Bandara Soekarno-Hatta AKP Alexander Yurikho membantah ada penumpukan penumpang di bandara.

“Tidak ada penumpukan,” kata Alex kepada CNNIndonesia.com, Kamis (14/5).

Menurut Alex, yang terjadi adalah antrean penumpang yang sedang menjalani pemeriksaan proses persyaratan sebelum terbang. Pemerintah menetapkan sejumlah syarat bagi masyarakat yang akan berpergian ke luar daerah.

“Yang ada adalah proses yang berjalan dalam rangka proses penerbangan dengan penerapan protokol pencegahan penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Alex menuturkan aparat gabungan yang bertugas di Bandara Soetta juga terus mengingatkan kepada para penumpang untuk mengikuti aturan physical distancing.

Aparat gabungan, lanjutnya, juga akan terus melakukan pengamanan di sekitar area Bandara Soetta.

“Aparatur gabungan sudah berusaha menerapkan prinsip physical distancing,” ucap Alex.

Sementara, Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soetta, Febri Toga Simatupang mengatakan lonjakan penumpang mengakibatkan antrean pemeriksaan berkas persyaratan di Posko Percepatan Penanganan Covid-19 terminal 2, Bandara Soetta.

“Itu benar,” kata saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (14/5).

Febri mengatakan antrean terjadi pagi tadi di Gate 4 Terminal 2 Bandara Soetta. Namun demikian belum memastikan waktu persisnya.

Lebih lanjut kata Febri, penumpukan antrean disebabkan karena proses pemeriksaan berkas persyaratan penerbangan penumpang di posko percepatan penanganan Covid-19.

Namun, lanjutnya, situasi itu kini sudah ditangani oleh aparat dari kepolisian, TNI, maupun otoritas bandara. Kini, ujar Febri, kondisi sudah kembali lengang.

“Dan kondisi saat ini lengang kembali,” kata dia.

Febri belum memprediksi apakah lonjakan penumpang di Bandara Soetta akan kembali terjadi mendekati Idul Fitri. Namun, kata dia, petugas akan terus bersiaga selama masa operasional terbatas tersebut.

Ia mengungkapkan, sekitar 5.700 penumpang akan datang ke Soekarno-Hatta, baik keberangkatan maupun kedatangan dari 105 penerbangan. Jumlah itu dibagi dua terminal beroperasi, yakni terminal 2 dan 3.

Jumlah itu kata Febri jauh dari jumlah rata penumpang dan penerbangan di hari normal, yang jumlahnya berada di sekitar angka 1.200 penerbangan.

“Jadi kalau sekarang 105 tidak ada lonjakan sebenarnya,” ujar Febri.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : detikNews

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *