Presiden Jokowi Keluarkan Empat Instruksi Penanggulangan Banjir dan Longsor

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan empat instruksi dalam penanggulangan bencana banjir dan tanah longsor.

“Presiden telah menginstruksikan empat hal, pertama yaitu keselamatan warga harus dinomorsatukan,” ujar Muhadjir saat Rapat Tingkat Menteri (RTM) di Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (7/1/2020).

Muhadjir mengatakan, pengertian keselamatan bukan hanya dalam arti memberikan pertolongan. Melainkan memberikan layanan dasar terhadap yang terdampak harus mendapatkan perhatian.

Menurutnya, layanan tersebut terutama masalah kesehatan, pangan, tempat tinggal, dan juga keberlangsungan belajar untuk para anak-anak yang terdampak.

Kedua, kata Muhadjir, normalisasi fasilitas umum dan ketiga adalah akselerasi pemerintah pusat dan provinsi dalam penanggulangan banjir yang terjadi di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Sedangkan intruksi keempat berupa imbauan kepada masyarakat agar hati-hati menghadapi bencana banjir di beberapa daerah, terutama untuk mengantisispasi adanya banjir susulan.

“Kemudian dalam melakukan penanganan banjir dan tanah longsor dibutuhkan sinergi dari kementerian dan lembaga sesuai peran masing-masing,” terang Muhadjir.

Berdasarkan data BPBD enam hari pasca-banjir dan longsor, tercatat sebanyak 67 korban melayang dan satu orang hilang. Dalam bencana yang terjadi di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, sekitar 293 kelurahan dan 74 kecamatan ikut terdampak.

Sementara, jumlah pengungsi di wilayah Jabodetabek dan Banten menembus angka 35.502 jiwa. Adapun sebaran data korban di masing-masing wilayah, di antaranya jumlah pengungsi di Jakarta sebanyak 3.685 jiwa dan meninggal dunia 16 orang.

Kemudian di Jawa Barat, terdapat 15.400 pengungsi dan 31 orang meninggal dunia. Sedangkan, jumlah pengungsi di Banten mencapai 16.821 jiwa, 20 orang meninggal dunia dan satu hilang.

 

 

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : kompas.com

 

 

 

 

[social_warfarebuttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *