Mantan Presiden Prancis Jacques Chirac Tutup Usia

Mantan Presiden Prancis, Jacques Chirac, meninggal dunia di usia 86 tahun. Chirac adalah presiden yang terkenal karena memperjuangkan Uni Eropa, namun kemudian karier politiknya tersandung kasus korupsi.

Chirac menjabat dua periode sebagai presiden, dua kali sebagai PM, dan membawa Prancis menggunakan mata uang tunggal Eropa.

“Presiden Jacques Chirac meninggal pagi ini dikelilingi oleh keluarganya dengan damai,” kata menantunya kepada media, dilansir dari laman BBC, Jumat (27/9).

Sebagai tokoh yang namanya populer selama 5 dekade, Chirac akan dikenang karena penentangannya terhadap invasi pimpinan AS ke Irak pada tahun 2003, sikap kenegaraannya yang pragmatis dan pembelaannya terhadap Uni Eropa.

Presiden Prancis Emmanuel Macron memuji Chirac sebagai orang Prancis yang hebat. Majelis Nasional Prancis mengheningkan cipta selama satu menit sebelum memulai kegiatan harian.

“Kami orang Prancis telah kehilangan seorang negarawan yang sangat kami cintai seperti ia mencintai kami,” kata Macron.

“Apakah kita berbagi, atau tidak, ide-idenya atau apa yang ia perjuangkan, kita semua mengenali diri kita sendiri dalam pria yang mirip kita ini, dan membawa kita bersama,” lanjutnya.

Kantor Kepresidenan mengatakan hari berkabung nasional akan berlangsung pada hari Senin bersamaan dengan misa di gereja Saint-Sulpice di Paris.

Pada Kamis malam, iluminasi di Menara Eiffel akan dimatikan dua jam lebih awal dari biasanya untuk menghormati Chirac yang juga mantan walikota Paris.

 

 

 

Sumber : akurat.co
Gambar : akurat.co

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *