Dapat FIFA Fair Play Award, Ini Momen Bielsa dan Leeds Izinkan Lawan Bikin Gol

Pertandingan Leeds United dengan Aston Villa pada 28 April 2019 disebut-sebut sebagai yang paling panas di Divisi Championship musim lalu. Kedua tim saat itu tengah berjuang untuk dapat tiket promosi ke Premier League.

Laga berlangsung menarik, di mana tuan rumah yang sedang mengejar tiket promosi langsung terus menekan tamunya. Saat laga tuntas 90 menit, Leeds tercatat melepaskan 27 tembakan, berbanding 13 yang dibuat Villa.

Yang akan diingat dari pertandingan ini adalah sebuah momen di menit 72, saat Mateusz Klich mencetak gol untuk Leeds yang berujung kericuhan di atas lapangan.

Beberapa saat sebelum gol tersebut, striker Villa, Jonathan Kodjia, terkapar di tengah lapangan. Pemain Villa berharap laga dihentikan dengan membuang bola ke luar lapangan.

Pemain Leeds, Tyler Roberts, awalnya terlihat akan menyepak bola ke luar area permainan. Namun dia malah mengopernya pada Klich. Karena bek Villa tak siap dengan situasi itu, Klich yang menusuk masuk ke kotak penalti bisa menceploskan bola ke gawang.

Usai bikin gol, Klich langsung diserbu pemain Villa. Saling dorong terjadi. Keributan juga menjalar ke tepi lapangan, di mana offisial Villa memprotes wasit dan juga melemparkan keberatan ke bench Leeds.

Bielsa, yang beberapa pekan sebelumnya sempat jadi kontroversi karena dituding memata-matai tim lawan, membuat aksi mengejutkan. Dia memerintahkan pemainnya membiarkan Villa mencetak gol penyama. Pelatih yang dijuluki ‘Si Gila’ itu berteriak-teriak dan terlihat mengomeli pemainnya.

Pada akhirnya Villa bisa mencetak gol penyama melalui Adomah, tanpa dihalangi pemain Leeds. Skor 1-1 bertahan sampai laga tuntas.

Leeds dan Bielsa malam tadi dianugrahi FIFA Fair Play Award. Penghargaan tertinggi dari FIFA pada individu, klub, atau organisasai yang dianggap menjunjung tinggi nilai-nilai fair play.

Terlepas dari keputusan memerintahkan timnya membiarkan lawan bikin gol, hasil imbang di laga tersebut memberi pengaruh besar dalam peta persaingan meraih tiket promosi ke Premier League. Kegagalan Leeds menang membuat Sheiffeld United dapat tiket lolos langsung untuk menemani Norwich sebagai juara liga.

Leeds menuntaskan musim di posisi tiga dan harus bertarung via playoff untuk dapat tiket sisa ke Premier League. Leeds kalah di semifinal saat berduel dengan Derby County. Tiket terakhir ke Premier League akhirnya didapat….Aston Villa, yang mengalahkan Derby di final playoff.

 

 

 

Sumber : detik.com
Gambar : detik.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *