Sri Asih, Jagoan Perempuan Pertama Indonesia

Jagat Sinema Bumilangit meluncurkan sebuah video pendek tentang salah satu jagoannya Sri Asih. Film yang akan tayang pada 2020, ini akan diperankan oleh Pevita Pearce sebagai Sri Asih, jagoan perempuan pertama Indonesia.

Dalam video tersebut tercantum Sri Asih diciptakan oleh komikus Indonesia, Raden Ahmad Kosasih. “Cerita bergambar Sri Asih diterbitkan pertama kali pada 1954 oleh penerbit Melodi, Sri Asih juga merupakan jagoan perempuan pertama Indonesia,” tulis Bumilagit di akun resminya, Minggu, 22 September 2019.

Kosasih menciptakan karakter Sri Asih yang merupakan titisan Dewi Asih. Sri Asih merupakan orang-orang terpilih di setiap zaman untuk menegakkan keadilan. “Dengan menyebut nama Dewi Asih, orang tersebut dapat berubah menjadi Sri Asih,” katanya.

Pada 1954, Sri Asih pernah dijadikan film oleh Turino Junaedi dan dibintangi Mini Maryani. Kini Sri Asih diolah kembali menjadi film oleh Bumilagit Studio. Medalami karakter Sri Asih membuat Pevita Pearce belajar bela diri. Dia berlatih dengan Iko Uwais, aktor sekaligus atlet martial art, untuk memperdalam karakter tersebut.

Persiapannya pun tidak main-main. Pevita Pearce digembleng selama sembilan bulan untuk meresapi karakter Sri Asih. “Aku mulai dari nol, enggak bisa action sama sekali. Tantangan untuk bisa semua koreografi,” ujar Pevita.

Film jagoan perempuan ini, juga diarahkan oleh sutradara perempuan, Upi. Dia begitu tertantang mendapatkan tawaran untuk menggarap film ini meski mengaku bukan pembaca komik jagoan. “Saya enggak pernah bersinggungan dengan Sri Asih. Saya takjub, dia jagoan perempuan pertama Indoensia. Penulishnya R.A. Kosasih yang sangat saya kagumi,” tutur Upi.

 

 

 

 

 

Sumber : tempo.co
Gambar : Dream

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *