Dolar AS Melemah Sedikit, Harga Emas Naik Seiprit

Harga emas dunia naik tipis di perdagangan pasar spot hari ini. Minimnya sentimen yang beredar membuat harga si emas hitam masih sulit bergerak.

Pada Jumat (20/9/2019) pukul 07:33 WIB, harga emas dunia di pasar spot tercatat US$ 1.499,39/troy ons. Naik 0,03% dibandingkan posisi penutupan hari sebelumnya.

Meski minim sentimen, harga emas masih bisa menguat karena pelemahan nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS). Pada pukul 07:36 WIB, Dollar Index (yang mengukur posisi greenback di hadapan enam mata uang utama dunia) melemah tipis 0,04%.

Depresiasi mata uang Negeri Paman Sam disebabkan oleh kebijakan moneter global. Kemarin, Bank Sentral AS (The Federal Reserve/The Fed) memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan 25 basis poin (bps) menjadi 1,75-2%.

“Informasi yang diterima sejak rapat bulan lalu mengindikasikan bahwa pasar tenaga kerja tetap kuat dan aktivitas ekonomi tumbuh secara moderat. Meski konsumsi rumah tangga tetap tumbuh, tetapi investasi tetap melambat dan ekspor melemah.

“Dengan memperhatikan perkembangan ekonomi global dan proyeksi ekonomi dalam negeri serta laju inflasi yang minimal, Komite memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan menjadi 1,75-2%. Kebijakan ini diharapkan mendukung ekspansi ekonomi, pasar tenaga kerja, dan inflasi,” sebut keterangan tertulis The Fed.

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : Investing.com

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *