Menang Dramatis Atas Federer, Djokovic Juara Wimbledon 2019

Novak Djokovic berhasil jadi juara tunggal putra Wimbledon 2019 usai mengalahkan Roger Federer di Centre Court, Wimbledon, Inggris, Minggu (14/7) waktu setempat. Djokovic menang lewat pertarungan melelahkan lima set 7-6 (7-5), 1-6, 7-6 (7-4), 4-6, dan 13-12 (7-3) dalam waktu lima jam.

Kemenangan ini membuat Djokovic meraih gelar Grand Slam ke-16 dan gelar kelima di ajang Wimbledon sepanjang kariernya. Sedangkan bagi Federer kekalahan ini membuatnya gagal meraih gelar Grand Slam ke-21.

Djokovic dan Federer memperlihatkan pertarungan sengit sejak set pertama berlangsung. Dua unggulan teratas Wimbledon 2019 tersebut saling kejar perolehan angka yang membuat skor menjadi 6-6 di set pembuka.

Saat gim penentuan, Djokovic bisa memanfaatkan keadaan hingga akhirnya menutup set pertama 7-6 (7-5).

Di set kedua, permainan Djokovic cenderung menurun. Alhasil, perolehan angka demi angka dengan mudah didapatkan Federer yang bisa menutup gim kedua dengan 6-1 dalam waktu hanya 26 menit.

Menang Dramatis Atas Federer, Djokovic Juara Wimbledon 2019Roger Federer gagal meraih gelar Grand Slam ke-21 sepanjang karier profesionalnya. (REUTERS/Andrew Couldridge)
Djokovic mencoba bangkit di set ketiga setelah menyerah dengan mudah di set kedua. Terus tertinggal dalam perolehan poin, Djokovic akhirnya bisa memaksakan skor hingga 6-6.

Dalam gim penentuan, Djokovic bisa menutup set ketiga lewat kemenangan tie break 7-6 (7-4). Djokovic pun sementara unggul 2-1 atas Federer.

Memasuki set keempat, Djokovic yang punya peluang untuk mengakhiri pertandingan apabila memenangi set ini malah kesulitan mengadang kebangkitan Federer.

Kendati sempat tertinggal 1-2, Federer berhasil dua kali melakukan break yang membuatnya unggul 5-2. Petenis asal Swiss itu pun menutup set keempat dengan 6-4 sehingga memaksakan pertandingan berlangsung hingga lima set.

Menang Dramatis Atas Federer, Djokovic Juara Wimbledon 2019
Di set penentuan, saling mengejar perolehan poin terjadi antara Djokovic dan Federer hingga skor 2-2. Namun, Djokovic kemudian bisa unggul 4-2 setelah melakukan break.

Tertinggal 2-4, Federer tidak menyerah begitu saja. Unggulan kedua di nomor tunggal putra Wimbledon 2019 itu bisa mencuri dua gim berikutnya untuk membuat skor jadi 4-4.

Kedua petenis papan atas dunia itu kembali saling mengejar poin mulai dari 6-6, 8-8, 10-10, hingga 12-12 yang membuat pemenang laga final ini harus ditentukan lewat tie break.

Dalam gim penentuan ini, Djokovic sempat unggul 4-1 dan sempat diperkecil oleh Federer jadi 3-4. Namun, Djokovic terus melaju hingga akhirnya memenangi tie break dengan 7-3.

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *