Tarif Tiket Pesawat Bakal Diatur Berdasarkan Subkelas Ekonomi

Kementerian Perhubungan akan merilis aturan baru terkait tiket pesawat kelas ekonomi hari ini, Jumat, 29 Maret 2019. Aturan tersebut bakal terbit dalam bentuk peraturan menteri dengan nomor registrasi yang akan diumumkan kemudian.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dalam beleid teranyar, Kementerian akan mengatur tarif berdasarkan sub-kelas atau subclass ekonomi. “Iya (subclass). Besok kami jelaskan,” ujarnya saat ditemui di Hotel Fairmont, Jakarta Selatan, Kamis petang, 28 Maret 2019.

Meski demikian, Budi Karya mengatakan tak akan mengubah adanya tarif batas bawah dan tarif batas atas. Sebelumnya, aturan tentang tiket pesawat ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 14 Tahun 2016.

Budi Karya memungkinkan Permen sebelumnya tersebut akan diperbarui dengan beleid baru yang saat ini masih digodok. Adapun perembukan peraturan teranyar ini masih dibahas hingga Kamis petang antara Kementerian dan pihak-pihak terkait, seperti maskapai.

Kisruh harga tiket penerbangan ini kembali mencuat setelah notulensi rapat Kementerian Perhubungan, Kemenko Maritim, dan sejumlah stakeholder bocor pada 25 Maret lalu.

Notulensi rapat yang tersebar di grup percakapan itu memuat informasi bahwa pemerintah mendesak perusahaan maskapai untuk menurunkan harga tiket pesawat.

Rapat itu dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, dan perwakilan maskapai. Adapun maskapai yang memenuhi undangan dalam pertemuan tersebut di antaranya Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, dan Air Asia. Hadir pula perwakilan Indonesia National Air Carrier Association (INACA), Traveloka, dan Tiket.com.

Ditemui di tempat berbeda pada Kamis siang, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memastikan pemerintah tak akan membuat pihak maskapai merugi dengan aturan baru soal tiket pesawat. “Saya sudah bilang pemerintah enggak mau bikin perusahaan bangkrut,” kata Luhut saat ditemui seusai acara ulang tahun ke-10 PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) di Hotel Pacific Place, Jakarta Pusat, Kamis, 28 Maret 2019.

 

 

 

 

 

Sumber : tempo.co
Gambar : Ekonomi Kompas

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *