Sepi Sentimen, Sulit Cari Cuan dari Emas

Pergerakan harga emas berjangka di bursa COMEX pada pagi hari ini (5/3/2019) masih cenderung terbatas.

Hingga pukul 09:00 WIB, harga emas kontrak April masih naik sebesar 0,03% ke level US$ 1.287,9/troy ounce, setelah amblas 0,9% pada perdagangan kemarin (4/3/2019).

Selama sepekan, harga emas telah berkurang 2,52% secara point-to-point. Sedangkan sejak awal tahun, harga logam mulia ini masih tercatat naik 0,52%.

Meski bergerak secara terbatas, berada dalam tekanan yang cukup kuat. Salah satu faktor utama yang memberikan energi negatif hingga saat ini harga adalah optimisme yang tinggi perihal damai dagang Amerika Serikat (AS)-China.

Wall Street Journal mengabarkan bahwa sebuah dokumen kesepakatan telah disiapkan untuk ditandatangani Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping pada bulan ini.

Kabar tersebut membuat investor tak lagi betah bermain aman. Instrumen beresiko seperti saham menjadi lebih menarik untuk dikoleksi, ketimbang emas. Alhasil emas banyak dilepas, dan harganya terkoreksi.

Selain itu, kemungkinan Bank Sentral AS, The Fed untuk kembali menaikkan suku bunga juga telah meningkat. Dalam konsensus yang dihimpun CME kemarin, kemungkinan The Fed menaikkan suku bunga sebanyak 1 kali pada tahun ini meningkat hingga 11%, dari yang semula sekitar 3% pada pekan lalu.

 

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com

Gambar : economy.okezone.com

 

 

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *