Badai Willa Menerjang Mazatlan, Ribuan Warga Mengungsi

Pemerintah Meksiko mengevakuasi ribuan warga di wilayah perairan Pasifik yang diterjang badai Willa. Sebagian wisatawan yang memadati kawasan tersebut juga ikut dievakuasi untuk menghindari korban jiwa.

Penduduk lokal menutup jendela dan pintu dengan kayu agar tidak hancur diterpa angin yang disebabkan badai Willa. Berbagai hotel bersejarah di kawasan Mazatlan, kawasan populer di negara bagian Sinaloa, juga bersiap menghadapi badai.

Badai Willa yang menerjang Meksiko barat laut itu menjadi bencana besar karena itu masuk kategori 4 dari skala lima. Pusat pengisian bahan bakar di pinggiran kota dipadati mobil di mana warga mengantre.

Antrean panjang juga terjadi di pusat perbelanjaan, di mana banyak warga mengantre untuk membeli bahan makanan untuk persediaan menghadapi badai.

”Banyak penduduk mengantre selama berjam-jam untuk membeli bahan kebutuhan pokok. Mereka membeli makanan. Rak roti pun kini kosong,” ujar pegawai toko, Zulema Pardo, dilansir Reuters.

”Banyak orang ketakutan. Banyak orang gila dan mempersiapkan segalanya,” tuturnya. Pusat Badai Nasional (NHC) berbasis di Miami, Amerika Serikat (AS), pada Senin (22/10) sore, badai Willa berada di posisi 280 km sebelah Meksiko selatan dan barat daya.

”Beberapa kawasan wisata di Nayarit dan kawasan resor di Puerto Vallarta di negara bagian Jalisco, juga menjadi wilayah yang terancam diterjang badai, angin kencang, dan hujan deras,” demikian keterangan NHC.

Badan Meteorologi Nasional Meksiko (SMN) menyatakan, rumah dan bangunan yang terletak 500 meter dari garis pantai akan mengalami pemadaman listrik, kerusakan atap, dan bangunan mengalami kerusakan.

”Ketika badai itu menghantam daratan, itu bisa menyebabkan gelombang tinggi,” ujar Kepala SMN Alberto Hernandez. SMN menyatakan, Willa akan menjadi badai yang berbahaya jika menghantam perairan Meksiko.

Willa yang masuk dalam kategori 4 dari lima skala Saffir-Simpson, memiliki kecepatan sekitar 215 km per jam. Kekuatan Willa akan melemah setelah menghantam kawasan Meksiko.

”Warga harus berhatihati menghadapi badai Willa,” saran SMN. ”Itu bisa menyebabkan tanah longsor, banjir, dan kerusakan jalan,” ujar SMN.

Gubernur Negara Bagian Nayarit Antonio Echevarria mengungkapkan, lebih dari 10.000 orang telah dievakuasi. Sekolah dan perkantoran juga telah ditutup. Dia memperingatkan warga agar tidak mengabaikan badai ini.

Negara bagian Sinaloa juga membatalkan semua pelajaran di sekolah. Banyak pusat bisnis diliburkan. Pemerintah meminta warga untuk tetap tenang berada di dalam rumah.

Sekitar tiga tahun lalu, badai Patricia menghantam kawasan yang dihantam badai Willa. Badai Patricia menjadi salah satu badai paling kuat sepanjang sejarah. Saat itu, badai tersebut menumbangkan banyak pohon, menerbangkan mobil, dan memaksa ribuan orang mengungsi.

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto memperingatkan warga untuk bersiap-siap menghadapi Willa. ”Saya meminta masyarakat untuk berlindung,” pintanya.

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : sindonews.com
Gambar : CNN Indonesia

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *