Sri Mulyani Yakin Pemerintah Mampu Jaga Inflasi 3,5 Persen

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yakin pemerintah tetap bisa menjaga tingkat inflasi pada 2018 hingga 2019 berada di kisaran 3,5 persen. Hal tersebut disampaikan usai rapat mengenai pengendalian inflasi pusat bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Gubernur Bank Indonesia.

“Kami tetap berkeinginan agar inflasi tetap bisa dijaga pada tingkat 3,5 persen sepanjang 2018 dan seterusnya sampai di 2019,” kata Sri Mulyani di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jumat, 24 Agustus 2018. Menurut Sri Mulyani pemerintah dan Bank Indonesia fokus melihat komponen dari masing-masing penyebab inflasi, core inflation atau inflasi inti, inflasi yang dikontribusikan dari volatile food atau inflasi dari komponen bergejolak dan inflasi yang diperkirakan dari nilai tukar atau imported inflation.

Di lokasi yang sama Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan untuk menjaga tingkat inflasi. Kemendag akan bersiaga melakukan operasi pasar untuk memantau volatile food. “Kami akan siapkan mencanangkan untuk melakukan berbagai langkah operasi pasar apabila diperlukan. Begitu kondisinya mengharuskan kami akan siap,” kata Enggartiasto.

Sedangkan Perry Warjiyo mengatakan dampak nilai tukar rupiah terhadap inflasi masih terkendali. Menurut Perry tingkat pelemahan rupiah yang sekitar 7 persen secara year to date (YTD), relatif lebih rendah dibanding negara lain. “Depresiasi kita itu relatif lebih rendah, bahkan jauh lebih rendah pada 2015 atau 2013,” kata Perry di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jumat, 24 Agustus 2018.

Faktor kedua, karena tingkat ketersediaan atau supply lebih besar dari tingkat permintaan barang atau dalam arti kesenjangan masih negatif. “Meskipun ekonomi naik, masih di bawah kapasitas produksi nasional, sehingga kami tidak melihat tekanan permintaan terhadap inflasi,” ujar Perry. Faktor ketiga, kata Perry adalah ekspektasi yang terjangkar secara baik. Menurut Perry dari berbagai survei yang ada seperti survei kegiatan dunia usaha dan ekspektasi konsumen, inflasi juga masih terjaga di kisaran 3,5 persen.

 

 

 

 

Sumber Berita : tempo.co
Sumber foto : Katadata

 

 

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *