Kena Gebuk Inflasi dan Suku Bunga, Ekonomi AS ‘Tumbang’!

Pertumbuhan ekonomi AS menurun secara signifikan pada kuartal pertama tahun ini, di tengah pukulan ganda dari kenaikan suku bunga dan inflasi terburuk dalam beberapa dekade.

Produk Domestik Bruto (PDB), yang mengukur semua barang dan jasa yang diproduksi, naik 1,1 persen secara tahunan dalam tiga bulan pertama di Amerika Serikat, menurut data yang dirilis oleh Departemen Perdagangan AS.

Jumlah itu jauh lebih rendah dari pertumbuhan 2,6 persen pada kuartal keempat tahun lalu. Itu juga kurang dari pertumbuhan 2,0 persen yang diprediksi oleh para ekonom yang disurvei oleh Dow Jones.

“Ekonomi AS kemungkinan berada pada titik belok karena belanja konsumen telah melemah dalam beberapa bulan terakhir,” kata Kepala Ekonom di LPL Financial Jeffrey Roach, seperti dikutip dari NBC News, dilansir dari Antara, Jumat, 28 April 2023.

Dia mengatakan sifat backward (kemajuan yang kurang dari normal) dari laporan PDB mungkin menyesatkan pasar karena konsumen masih berbelanja pada Januari tetapi sejak Maret, telah mundur karena konsumen semakin pesimistis tentang masa depan. Rilis PDB kemarin adalah perkiraan awal Departemen Perdagangan.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *