Alami Infeksi Pernapasan, Paus Fransiskus Jalani Perawatan di Rumah Sakit

Paus Fransiskus mengalami infeksi pernapasan dan perlu menghabiskan ‘beberapa hari’ di rumah sakit untuk perawatan. Ini disampaikan Takhta Suci Vatikan dalam sebuah pernyataan pada Rabu 29 Maret 2023, di tengah kekhawatiran akan kondisi pria berusia 86 tahun itu.

Pernyataan itu mengatakan, Paus dibawa ke rumah sakit Gemelli Roma setelah mengeluh kesulitan bernapas selama beberapa hari terakhir. Ditambahkan bahwa tes menunjukkan dia memiliki infeksi tetapi tidak ada gejala covid-19.

“Paus Fransiskus tersentuh dengan banyaknya pesan yang diterima dan mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kedekatan dan doanya,” kata Vatikan, seperti dikutip AFP, Kamis 30 Maret 2023.

Paus dilaporkan kadang-kadang sesak napas dan umumnya lebih rentan terhadap masalah pernapasan, salah satu paru-parunya diangkat pada awal usia 20-an ketika berlatih menjadi pendeta di negara asalnya Argentina.

Rawat inap terakhirnya datang menjelang kebaktian Minggu Palem pada 2 April yang menandai dimulainya minggu sibuk upacara menjelang Minggu Paskah pada 9 April, menimbulkan keraguan apakah dia akan dapat memimpin mereka seperti biasa.

Kesehatan Paus Fransiskus semakin menarik perhatian dalam dua tahun terakhir, di mana ia telah menjalani operasi usus besar dan mulai menggunakan kursi roda atau tongkat karena sakit kronis di satu lutut.

Vatikan awalnya mengatakan Paus telah pergi ke rumah sakit pada hari Rabu untuk jadwal pemeriksaan. Tetapi media Italia melaporkan dia tiba dengan ambulans setelah membatalkan wawancara televisi pada menit terakhir.

Fransiskus menghadiri audiensi umum mingguannya di Lapangan Santo Petrus pada pagi hari, tampak dalam keadaan sehat.

Kondisi kesehatan

Pemimpin dari hampir 1,4 miliar umat Katolik Roma di dunia menderita divertikulitis, suatu kondisi yang dapat menginfeksi atau mengobarkan usus besar, dan dioperasi di rumah sakit Gemelli pada 2021 untuk mengangkat sebagian usus besarnya.

Paus sempat mengatakan pada Januari bahwa kondisinya telah kembali dan menyebabkan berat badannya bertambah, tetapi dia tidak terlalu khawatir. Namun dia tidak merinci.

Fransiskus mengatakan bahwa dia memilih untuk tidak menjalani operasi pada lututnya yang bermasalah karena dia tidak ingin mengulangi efek samping negatif jangka panjang dari anestesi yang dideritanya setelah operasi tahun 2021.

Juli lalu, kembali dari perjalanan ke Kanada, Fransiskus mengakui bahwa usianya yang semakin lanjut dan kesulitan berjalannya mungkin telah mengantarkan fase kepausannya yang baru dan lebih lambat.

Namun sejak itu dia telah mengunjungi Kazakhstan dan Bahrain dan melakukan perjalanan bulan lalu ke Republik Demokratik Kongo dan Sudan Selatan.

Dia juga berkomitmen untuk mengunjungi Hungaria pada akhir April, Portugal pada Agustus, dan kota Marseille di Prancis pada September. Dia mengatakan, jika bisa diatur, dia ingin terbang dari Marseille ke Mongolia.

Setelah memuji keputusan bersejarah mendiang pendahulunya Benediktus XVI untuk mengundurkan diri karena alasan kesehatan pada tahun 2013, Fransiskus mengindikasikan dia akan mengikuti teladan hanya jika dia benar-benar tidak mampu.

Ditanya oleh televisi Swiss Italia RSI dalam sebuah wawancara yang disiarkan pada 12 Maret kondisi apa yang membuatnya berhenti, dia berkata: “Kelelahan yang tidak membuat Anda melihat sesuatu dengan jelas. Kurangnya kejelasan, mengetahui bagaimana mengevaluasi situasi.”

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Sindonews

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *