Korban Topan Freddy di Malawi Bertambah Jadi 326 Jiwa

Korban tewas Topan Freddy di Malawi meningkat menjadi 326. Jika ditotal, tercatat lebih dari 400 orang di seluruh Afrika selatan yang meninggal akibat topan ini sejak Februari.

Tim penyelamat menemukan lebih banyak jenazah karena kemungkinan menemukan korban selamat memudar. Terlebih setelah topan mengikuti jalur yang sangat tidak biasa dengan kembali menerjang daratan Afrika selatan untuk kedua kalinya.

“Sampai kemarin, jumlah korban tewas akibat bencana ini meningkat dari 225 menjadi 326,” kata Presiden Malawi Lazarus Chakwera di wilayah selatan yang hancur dekat pusat komersial Blantyre, dilansir dari Digital Journal, Jumat, 17 Maret 2023.

“Jumlah orang yang mengungsi meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi 183.159, demikian pula jumlah rumah tangga yang mengungsi, yang sekarang mencapai 40.702,” tambahnya.

Chakwera memperbaharui seruannya untuk bantuan global karena tim penyelamat terus mencari korban pada hari Kamis dari banjir dan tanah longsor yang disebabkan oleh hujan deras minggu ini.

Lebih dari 300 tempat penampungan darurat telah didirikan untuk para penyintas, sementara tentara dan polisi telah dikerahkan untuk menangani krisis tersebut.

Malawi telah menetapkan dua minggu berkabung nasional. Begitu pula dengan keadaan darurat telah ditetapkan di negara tersebut.

“Topan telah menghancurkan properti, rumah, tanaman, dan infrastruktur, termasuk jembatan yang memutus komunitas yang sangat membutuhkan bantuan,” kata Chakwera.

Topan itu pertama kali melanda Afrika bagian selatan pada akhir Februari, menyerang Madagaskar dan Mozambik tetapi hanya menyebabkan kerusakan terbatas di Malawi yang terkurung daratan.

Badai kemudian bergerak kembali ke Samudra Hindia, di mana ia menarik lebih banyak kekuatan dari perairan hangat sebelum melakukan pembalikan arah yang jarang terjadi, untuk menghantam daratan kedua kalinya.

Hujan telah mereda sejak Rabu tetapi Topan Freddy masih berada di jalur yang tepat untuk menjadi salah satu badai tropis terpanjang di dunia.

Di Mozambik, badai telah menyebabkan sedikitnya 73 kematian dan membuat puluhan ribu orang mengungsi selama beberapa minggu terakhir dan menewaskan 17 orang lagi di Madagaskar.

Presiden Mozambik Filipe Nyusi juga meminta bantuan darurat untuk membangun kembali infrastruktur yang hancur setelah mengunjungi Provinsi Zambezia yang dilanda bencana, yang berbatasan dengan Malawi.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : detikNews

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *