Saudi Setujui Bandara Kertajati untuk Pemberangkatan Haji Tahun Ini

Badan penerbangan Arab Saudi menyetujui penggunaan Bandara Kertajati (KJT) untuk pemberangkatan dan pemulangan jemaah Indonesia pada musim haji tahun 2023.

Konsul Hji KJRI Jeddah, Nasrullah Jasam, mengonfirmasi bahwa Badan Umum Penerbangan Sipil Saudi (General Authority of Civil Aviation/GACA) sudah menyetujui penggunaan bandara KJT.

“Setelah melalui proses komunikasi intensif, Bandara Kertajati dipastikan bisa digunakan mulai tahun ini untuk pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji,” kata Nasrullah dalam keterangan resminya, Kamis (2/3).

Nasrullah mengatakan bandara baru ini akan mengoperasikan sekitar 21-23 penerbangan pada musim haji tahun ini.

“GACA mengizinkan kurang lebih 7.000 sampai 8.000 jemaah haji berangkat dari dan pulang melalui Bandara Kertajati pada musim haji 1444 H/2023,” kata dia.

Terpisah, Direktur Pelayanan Haji dalam Negeri Kemenag, Saiful Mujab, menegaskan pihaknya tengah menyiapkan skenario pemberangkatan jemaah haji dari Bandara Kertajati.

“Kami sambut baik atas persetujuan GACA untuk penggunaan Bandara Kertajati, Jawa Barat. Kita pun telah menyiapkan skenario pemberangkatan jemaah haji dari Bandara Kertajati,” kata Mujab.

Mujab mengatakan nantinya Bandara Kertajati akan digunakan untuk pemberangkatan dan kepulangan jemaah dari tujuh Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat.

Ketujuh wilayah itu adalah Kabupaten Majalengka, Kuningan, Indramayu, Cirebon, Subang, Sumedang, dan Kota Cirebon.

“Kami perkirakan total ada sekitar 7.890 jemaah dari tujuh daerah tersebut,” ucap Saiful Mujab.

Ia kemudian berkata, “Mereka akan terbagi dalam 20 kelompok terbang atau kloter. Proses clearance dari Imigrasi juga akan dilakukan di Bandara Kertajati.”

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : beritatrans.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *