Kemenag Terbitkan Jadwal Imsakiyah Ramadan 1444 H

Kementerian Agama RI telah resmi menerbitkan jadwal imsak dan waktu salat lima waktu di Bulan Ramadan 1444 Hijriah yang diperkirakan akan jatuh pada pertengahan Maret 2023 mendatang.

Jadwal imsakiyah dan waktu salat itu sudah bisa diakses publik pada laman resmi Direktorat Bina Masyarakat Islam Kementerian Agama yakni https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah.

Meskipun demikian Kemenag baru akan menentukan 1 Ramadan 1444 H di Indonesia pada sidang isbat berdasarkan pemantauan hilal atau posisi bulan.

Pemerintah sampai saat ini belum menentukan jatuhnya awal mulai beribadah puasa atau 1 Ramadan 1444 H bagi umat Islam di Indonesia. Guna memutuskan kapan mulai berpuasa, Kemenag akan menggelar sidang Isbat saat mendekati waktu 1 Ramadan tiba.

Sidang isbat itu untuk memastikan 1 Ramadan berdasarkan pemantauan posisi bulan atau hilal pada ujung Syaban.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, jadwal imsak di kota ini berada di rentang waktu pukul 04.27 WIB sampai 04.32 WIB selama sebulan penuh.

Sementara itu, waktu berbuka puasa atau kumandang azan magrib di Jakarta berada di rentang pukul 17.53 WIB sampai 18.05 WIB selama bulan Ramadan.

Sebagai contoh, jadwal imsak untuk wilayah DKI Jakarta pada 1 Ramadan jatuh pada pukul 04.32 WIB. Sementara jadwal Magrib pukul 18.05 WIB.

Sementara itu, jadwal imsak pada 17 Ramadan di DKI Jakarta jatuh pada pukul 04.29 WIB dan Magrib 17.58 WIB.

Pada hari terakhir puasa atau pada 30 Ramadan jadwal imsak untuk Jakarta jatuh pada pukul 04.27 WIB dan Magrib pukul 17.53 WIB.

Tak hanya wilayah Jakarta, Bimas Islam Kemenag mempublikasikan jadwal imsak dan jadwal salat lima waktu selama bulan Ramadan untuk seluruh kabupaten dan di 34 provinsi di Indonesia secara rinci.

Pengunjung laman resmi Bimas Islam Kemenag itu bisa memanfaatkan fitur untuk memilih jadwal imsak dan salat untuk kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Layanan yang diterbitkan Kemenag itu juga dapat diunduh dalam bentuk format Microsoft Excel.

Sebelumnya, ormas Islam Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadan atau tanggal 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada hari Kamis, 23 Maret 2022 mendatang. Sementara 1 Syawal 1444 H atau Hari Raya Idulfitri jatuh pada Jumat, 21 April 2023.

Penetapan awal bulan Ramadan dan 1 Syawal oleh Muhammadiyah berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *