Ke Turki, PM Malaysia Anwar Ibrahim Jenguk Korban Gempa di Gaziantep

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim mengunjungi wilayah terdampak gempa di Turki dan bertemu dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan, Rabu (15/2).

Anwar dan delegasi dari Malaysia melawat Provinsi Gaziantep dan juga menemui tim SAR Malaysia yang dikerahkan ke Turki untuk membantu misi penyelamatan korban gempa.

“Dalam pertemuan saya dengan tim pencari dan penyelamat (SAR) kami di Nurdagi, Gaziantep hari ini. Saya melihat sendiri kesungguhan, keefektifan, dan profesionalisme tim selama mencari korban gempa,”ujar Anwar di Twitter.

Dalam kunjungan itu, Anwar juga mendengar cerita-cerita dari para tim penyelamat. Ia lantas memberi semangat ke tim SAR Malaysia selama bekerja mencari korban gempa.

“Saya sempat menitipkan pesan kepada pasukan kita agar terus berkomitmen mengabdikan diri dan harus menjaga keselamatan selama penugasan dan operasi,” kata Anwar lagi.

Setelah dari Gaziantep, ia melanjutkan perjalanan ke Ankara untuk menemui Erdogan.

“Saya turut menyampaikan bela sungkawa rakyat Malaysia dan menginformasikan bantuan yang diberikan pemerintah Malaysia,” ujar dia.

Lebih lanjut, Anwar meminta publik berdoa agar peristiwa duka itu cepat berlalu dan Turki bisa kembali pulih.

Anwar merupakan pemimpin negara asing kedua yang mengunjungi Turki setelah gempa dahsyat pada 6 Januari lalu.

Sebelumnya, Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani telah lebih dulu mengunjungi Turki pada Minggu (12/2).

Turki sedang berduka usai gempa berkekuatan magnitudo 7,7 mengguncang Turki dan Suriah pada 6 Februari. Imbas bencana ini, setidaknya 41.132 orang tewas per Rabu.

Lebih rinci, korban meninggal di Turki tercatat 35.418, sementara di Suriah 5.714 orang.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Kumparan

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *