Presiden Erdogan Blusukan Temui Korban Gempa Turki

Presiden Recep Tayyip Erdogan menemui korban gempa dahsyat Turki di sejumlah daerah termasuk di Kahramanmaras, salah satu area paling terdampak bencana, Rabu (8/2).

Dalam video yang beredar di media, Erdogan tampak berbincang dan bersalaman dengan beberapa warga di lokasi terdampak gempa. Ia juga sempat mengecup kepala anak kecil korban gempa di tempat tersebut.

Erdogan juga mengunjungi tenda-tenda pengungsian di lokasi terdampak gempa. Dalam kunjungan kali ini, ia mengakui masih ada kekurangan penanganan pihak berwenang dalam merespons situasi pascagempa.

Namun, Erdogan memastikan memerintahkan pihak berwenang dan tim SAR melanjutkan evakuasi hingga menyalurkan bantuan kepada korban semaksimal mungkin.

“Jelas, ada kekurangan. [Namun], tidak mungkin siap menghadapi bencana seperti ini,” ujar Erdogan, seperti dikutip NBC News.

Erdogan juga mengungkapkan kondisi cuaca turut menambah tingkat kehancuran yang disebabkan gempa.

“Tidak diragukan lagi, pekerjaan kami tidak mudah,” kata Erdogan, seperti dikutip CNN.

Pemerintahan Erdogan sempat panen kritik karena respons pihak berwenang yang dianggap lamban. Salah satu warga terdampak bahkan menceritakan tim penyelamat baru tiba di lokasi gempa 12 jam setelah guncangan pertama.

Hingga kini, lanjut dia, sekitar 21.200 personel, termasuk tentara, polisi, dan polisi, tengah melakukan upaya pencarian korban dan membantu hal lain di Hatay.

Gempa bermagnitudo 7,7 melanda Turki hingga Suriah pada Senin pagi waktu setempat.

Imbas gempa terbesar sejak 100 tahun itu, sebanyak 15.838 orang tewas di Turki dan Suriah per Kamis pagi.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *