Turki Diguncang 100 Gempa Susulan Usai Gempa Dahsyat 7,7 M

Survei Geologi Amerika Serikat (Unites States Geological Survey/ USGS) mencatat 100 gempa susulan terjadi usai gempa berkekuatan magnitudo 7,7 mengguncang Turki pada Senin (6/2).

USGS melaporkan dari seratus gempa susulan itu, beberapa diantaranya bermagnitudo 4,0 atau lebih telah terjadi sejak gempa dahsyat pertama, pada Selasa (7/2).

Gempa susulan membentang lebih dari 300 kilometer (186 mil) di sepanjang zona patahan yang pecah di Turki selatan hingga ke perbatasan Suriah melalui Provinsi Malatya.

Badan itu juga mencatat, semakin lama jarak waktu gempa asli, frekuensi dan besar gempa susulan cenderung menurun.

Namun, USGS juga menggarisbawahi gempa susulan 5,0 hingga 6,0 magnitudo masih mungkin terjadi.

Gempa susulan tersebut bisa menyebabkan kerusakan tambahan sehingga mempersulit tim mencari korban.

Gempa bermagnitudo 7,7 mengguncang Turki dan Suriah pada Senin pagi waktu setempat.

Imbas bencana ini, 4.372 orang dari dua negara tewas. Lebih rinci, korban di Turki mencapai 2.921 dan di Suriah hingga 1.451 jiwa.

Sementara itu, korban yang mengalami luka-luka di Turki tercatat 15.834 orang, sedangkan di Suriah mencapai 3.531 orang.

Dikutip CNN, hingga kini proses pencarian dan evakuasi korban terus dilakukan. Namun, tim mengalami tantangan karena badai salju.

Menanggapi gempa itu banyak negara bersiap mengirim bantuan ke Turki dan Suriah. Negara seperti Prancis, Amerika Serikat, hingga Suriah siap membantu pemerintah Ankara.

Sementara itu, Rusia, Iran, dan Irak sudah turun tangan membantu Suriah.

Rusia meminta pasukan militer di Suriah untuk membantu tim penyelamat membersihkan puing-puing dan mencari korban. Kremlin juga berjanji bakal menerbangkan tim medis ke Suriah.

Iran dan Irak tampak sudah mengirim pesawat bantuan pada. Pesawat kedua negara ini terlihat mendarat di Bandara Internasional Damaskus pada Selasa pagi waktu setempat.

Pejabat Kementerian Luar Negeri Irak, Mahdi Ghanem, mengatakan pesawat bantuan membawa sekitar 70 ton makanan, peralatan medis, dan keperluan yang dibutuhkan.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *