Gempa Banten M 5,2 Terasa di Jakarta hingga Bogor

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,2 mengguncang wilayah Muara Binuangeun, Lebak, Banten pada Selasa (7/2/2023) pagi. Gempa yang terjadi pada pukul, 07:35:50 WIB ini juga terasa di Jakarta hingga Bogor.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa Banten ini berada di laut 66 km tenggara Muara Binuangeun atau pada koordinat 7.43 LS-105.88 BT.

BMKG memastikan, gempa yang berpusat di kedalaman 10 km itu tidak berpotensi tsunami. Namun masyarakat tetap diimbau mewaspadai potensi terjadinya gempa susulan.

“Arahan: Tidak berpotensi TSUNAMI. Saran BMKG: Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi,” bunyi peringatan dikutip dari laman resmi BMKG.

Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan terkait dampak gempa bumi yang berpusat di Binuangeun, Banten tersebut. Namun getaran gempa juga dapat dirasakan di sejumlah wilayah.

BMKG melaporkan, gempa dapat dirasakan dalam skala III-IV MMI di wilayah Bayah, Banjarsari, dan Tamanjaya. Kemudian skala III MMI dirasakan di wilayah Serang, Pandeglang, Malingping, Ciptagetar, Cikeusik, Labuan, Tangerang, Panimbang, dan Cinangka.

Sementara wilayah yang merasakan getaran gempa dengan skala II MMI yakni Tangerang Selatan, Bogor, Cianjur, Sukabumi, dan Jakarta.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *