Usai Rilis Data Inflasi, IHSG Diramal Menguat

Indeks harga saham gabungan (IHSG) diprediksi akan menguat pada perdagangan Kamis (2/2). Penguatan ini disebabkan sentimen positif dari rilis inflasi dalam negeri.

“Pasca rilis data perekonomian tingkat inflasi yang menunjukkan adanya deflasi memberikan sentimen positif bagi pergerakan IHSG,” kata CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya dikutip dari riset hariannya.

Meski demikian, ia menilai investor masih harus waspada terhadap capital outflow secara year to date. Sedangkan, rilis sejumlah kinerja emiten full year 2022 turut memberikan sentimen pada pergerakan IHSG.

“Hingga beberapa waktu mendatang IHSG masih akan cenderung bergerak dalam rentang sideways dengan potensi kenaikan terbatas,” paparnya.

William memprediksi indeks saham bakal bergerak di rentang support 6.754 dan resistance 6.921. Untuk saham pilihan, William merekomendasikan BBRI, JSMR, AKRA, ICBP, TBIG, dan HMSP.

Berbeda, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova memperkirakan IHSG berpotensi untuk akan melemah dan berpeluang melanjutkan wave b, menembus support fraktal di 6.815.

Menurutnya, hal ini dilakukan untuk membuka jalan menuju 6.790 bahkan 6.745 sebagai target koreksi moderat karena penutupan harian masih di bawah garis SMA-60 dalam tiga hari terakhir.

Menurutnya, pergerakan IHSG masih dalam momentum bullish. Bullish merupakan kondisi ketika harga saham cenderung mengalami penguatan secara berkelanjutan pada satu periode tertentu.

Ivan memperkirakan hari ini IHSG bakal bergerak dalam rentang support 6.815 dan resistance 6.933. Saham pilihannya adalah AMRT, ASII, dan ESSA.

IHSG ditutup di level 6.862 pada Rabu (1/2). Indeks saham menguat 22,91 poin atau plus 0,34 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp11.039 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 18.721 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 283 saham menguat, 220 terkoreksi, dan 220 lainnya stagnan.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Pasardana

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *