Chris Hipkins Resmi Jabat PM Selandia Baru Gantikan Jacinda Arder

Chris Hipkins resmi menjadi Perdana Menteri Selandia Baru pada Rabu (25/1) pagi menggantikan Jacinda Ardern. Hal itu terjadi setelah Hipkins disumpah gubernur jenderal Selandia Baru dalam upacara di Wellington.

“Ini adalah hak istimewa dan tanggung jawab terbesar dalam hidup saya,” kata Hipkins setelah resmi menjabat, seperti diberitakan AFP.

“Saya bersemangat dan tak sabar dengan tantangan di depan.”

Sehingga, Jacinda Ardern secara resmi digantikan Hipkins setelah secara mengejutkan mengumumkan mundur minggu lalu.

Ardern pekan lalu mengatakan tidak lagi “cukup memiliki kekuatan” setelah memimpin negara melalui bencana alam, serangan teror terburuk yang pernah ada, dan pandemi Covid-19.

Dia membuat penampilan publik terakhirnya sebagai perdana menteri pada Rabu lalu dengan berjalan keluar dari parlemen ketika ratusan penonton memberikan tepuk tangan spontan.

Pemerintahan Ardern berjuang selama dua tahun terakhir di tengah hambatan inflasi yang melonjak, resesi yang menjulang, dan oposisi konservatif yang bangkit kembali.

Hipkins, kini ditugaskan untuk menghidupkan kembali popularitas pemerintah yang merosot menjelang pemilihan umum pada Oktober.

Mengutip dari Reuters, ia kali pertama terpilih di parlemen pada 2008. Kemudian namanya terus mengemuka mewakili pemerintah dalam menanggapi pandemi. Pada Juli 2020, ia diangkat jadi Menteri Kesehatan sebelum menjadi Menteri Covid di akhir tahun.

Sementara itu, Hipkins menunjuk Carmel Sepuloni sebagai wakil perdana menteri. Sepuloni menjadi wakil perdana menteri pertama Selandia Baru yang berasal dari Pasifik.

Sepuloni merupakan keturunan Samoa, Tonga dan Selandia Baru yang tinggal di Auckland. Dia sudah memegang sejumlah portofolio termasuk pengembangan sosial dan ketenagakerjaan dan seni, budaya dan warisan.

Kemudian untuk sisa tim kabinetnya, Hipkins segera mengumumkannya.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Suara.com

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *