Jepang Bakal Turunkan Peringkat Covid-19 Jadi Penyakit Menular Tidak Terlalu Serius

Jepang akan mempertimbangkan untuk menurunkan peringkat Covid-19 menjadi penyakit menular yang tidak terlalu serius. Mereka juga melonggarkan panduannya agar orang-orang hanya perlu memakai masker di tempat umum dalam ruangan paling cepat musim semi ini.

“Kami akan mempertimbangkan untuk menurunkan peringkat covid-19 menjadi penyakit menular tidak terlalu serius,” kata Perdana Menteri Fumio Kishida pada Jumat, 20 Januari 2023.

“Saya telah menginstruksikan para menteri tersebut untuk mempertimbangkan secara spesifik mengenai reklasifikasi yang akan menurunkan status covid-19 ke kategori yang sama dengan flu musiman,” sambungnya, dilansir dari AFP.

Jika terlaksana, maka perubahan kebijakan berarti hanya pasien dengan gejala yang disarankan untuk memakai masker di dalam ruangan.

Sementara itu, negara tetangganya, Korea Selatan (Korsel) akan mencabut wajib penggunaan masker untuk sebagian besar tempat umum dalam ruangan akhir bulan ini. Namun, masker masih diperlukan di transportasi dan di fasilitas medis.

“Pencabutan aturan penutup wajah akan berlaku pada 30 Januari,” kata Han.

Ini merupakan langkah terbaru Negeri Gingseng untuk melonggarkan aturan covid-19 karena kasus baru menunjukkan tanda-tanda perlambatan.

“Jumlah infeksi baru setiap hari terus menurun dan meskipun ada kekhawatiran akan lonjakan kasus di Tiongkok, situasi di sini terkendali tanpa masalah besar,” kata perdana menteri selama pertemuan tanggapan covid-19.

Korea Selatan telah memerintahkan tes covid-19 untuk pelancong yang datang dari Tiongkok setelah Beijing meninggalkan rezim anti-virus yang ketat dari penguncian massal dalam kebijakan putar balik yang tiba-tiba.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *