6 Orang Tewas Akibat Tornado di Alamaba AS

Sedikitnya enam orang dilaporkan tewas akibat tornado di Alabama, Amerika Serikat. Namun, pencarian korban tewas lainnya terus dilakukan.

Dikutip dari BBC, Jumat (13/1/2023), Layanan Cuaca Nasional (NWS) mengumumkan terdapat lebih dari 35 tornado di seluruh bagian selatan AS pada Kamis (12/1).

“Sebuah tornado besar dan sangat berbahaya menyebabkan kerusakan luas di Selma, Alabama,” ungkap NWS.

Badai menyebabkan pemadaman listrik yang berdampak terhadap ribuan orang di empat negara bagian.

“Lebih dari 147.000 penduduk di Alabama, Georgia, Tennessee, dan Carolina terdampak pemadaman pada Kamis malam,” demikian menurut Poweroutages.us.

Cuaca buruk diperkirakan akan berlanjut.

Darurat Tornado

Semua kematian akibat tornado yang dilaporkan di Alabama terjadi di Autauga County, yang terletak di antara Kota Montgomery dan Selma.

“Kami memiliki banyak angka kematian dan masih mencari jasad,” kata Koroner Autauga County Buster Barber kepada CNN.

Kantor NWS di Birmingham memperingatkan bahwa “darurat tornado” telah dikeluarkan untuk Autauga County.

“INI ADALAH SITUASI YANG MENGANCAM KEHIDUPAN. SEGERA BERLINDUNG!!”

Gubernur Alabama dan Georgia masing-masing telah menandatangani deklarasi keadaan darurat.

Pemberlakuan Jam Malam

Video yang beredar online menunujukkan bahwa angin kencang juga telah menyebabkan kerusakan besar pada sejumlah bangunan di Georgia dan Mississippi.

Di Selma, yang terkenal karena perannya dalam Gerakan Hak Sipil AS, jam malam akan diberlakukan hingga subuh. Tidak ada kematian akibat badai yang dilaporkan di Selma, namun ada beberapa korban luka.

Sementara itu, suhu di Alabama diperkirakan akan turun hingga di bawah titik beku dalam beberapa hari mendatang, dengan kemungkinan turun salju pada Jumat sore.

Cuaca buruk juga melanda California. Serangkaian badai hebat dilaporkan telah menyebabkan banjir, tanah longsor, dan pemadaman listrik. Sedikitnya 18 orang tewas di sana akibat cuaca buruk.

Setelah jeda singkat pada Kamis, para pejabat di California mengatakan bahwa lebih banyak badai diperkirakan akan terjadi pada Jumat malam dan selama akhir pekan.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : iNews.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *