Luky Arliansyah, Eks Jenderal Polri yang Kini Jabat Plt Komut Transjakarta

Purnawirawan Polri Luky Arliansyah ditunjuk sebagai Pelaksana tugas (Plt) Komisaris Utama (Komut) PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) usai Sudirman Said mundur dari posisinya.

Luky resmi menjabat Plt Komut Transjakarta melalui Keputusan Para Pemegang Saham di luar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang ditandatangani pada tanggal 11 Januari 2022.

Adapun Transjakarta, sebesar 99,70 persen sahamnya dipegang Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Sementara sisanya 0,30 persen saham Transjakarta dimiliki PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Informasi kepemilikan saham ini juga dimuat dalam laman resmi transjakarta.co.id.

Adapun latar belakang Luky Arliansyah sebagai Purnawirawan Polri ini turut dibenarkan Pelaksana tugas (Plt) Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) DKI Jakarta Fitria Rahadiani.

Luky merupakan lulusan Akademi Kepolisian pada 1987. Dia mengawali tugas sebagai Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Indragiri Hilir Polda Riau pada 2005.

Dia juga sempat menjadi Penyidik Utama Tk III Dittipidter Bareskrim Polri. Lalu, pada 2011 dia menjabat Kasubdit I Dittipidter Bareskrim Polri.

Selain itu, Luky juga pernah menjabat Analis Kebijakan Madya Bidang Iknas Bareskrim Polri. Kemudian pada 2019 dia menduduki posisi Wadirpolitik Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri dan pada tahun yang sama juga tercatat, pernah menjadi Agen Intelijen Kepolisian Utama Tk II Baintelkam Polri.

“Betul beliau sempat di Baintelkam Polri,” kata Fitria kepada Liputan6.com, Kamis (12/1/2023).

Kenaikan Pangkat

Pada 4 Desember 2020, Luky mendapat kenaikan pangkat bersama 45 perwira tinggi (Pati) Polri lainnya di Mabes Polri, Jakarta Selatan. Upacara kenaikan pangkat saat itu dipimpin Kapolri Jenderal Idham Azis.

Saat itu, 16 Pati Polri naik pangkat dari Brigjen menjadi Inspektur Jenderal (Irjen). Salah satunya Luky Arliansyah yang naik pangkat jadi Irjen Pol Widyaiswara Kepolisian Utama Tk I Sespim Lemdiklat Polri.

Bersamaan dengan Luky, Pati Polri lainnya yang ikut naik pangkat dari Brigjen menjadi Irjen adalah Ferdy Sambo yang saat itu menjadi Kepala Divisi (Kadiv) Propam Polri.

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *