Kali Pertama Sejak Menjabat, Biden Kunjungi Perbatasan AS-Meksiko

Presiden Joe Biden telah mengunjungi perbatasan Amerika Serikat-Meksiko untuk pertama kalinya sejak menjabat, mengunjungi titik masuk El Paso, Texas, negara bagian yang menjadi pusat perdebatan mengenai isu keimigrasian dan penyelundupan ilegal.

Dalam kunjungan perdana ini, Biden bertemu staf bea cukai dan imigrasi berseragam di pos pemeriksaan Bridge of the Americas, kompleks gedung inspeksi dan pagar yang memisahkan kedua negara.

Petugas perbatasan, termasuk anjing pelacak, sempat mendemonstrasikan teknik menggeledah dan memeriksa kendaraan.

Sebagai tanda ketegangan mendalam atas isu imigrasi, Gubernur Texas Greg Abbott, seorang politikus Partai Republik, menyerahkan surat kepada Biden saat sang presiden tiba di negara bagian tersebut.

Melalui suratnya, Abbott mengatakan bahwa “kekacauan” di perbatasan saat ini adalah “akibat langsung” dari kegagalan Biden dalam menegakkan hukum federal.

“Biden melihat secara langsung pekerjaan luar biasa dari Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS,” kata Menteri Keamanan Dalam Negeri Alejandro Mayorkas kepada wartawan, mengutip dari laman TRT World, Senin, 9 Januari 2023.

Selain melihat demonstrasi petugas, Biden juga mengunjungi pusat layanan dukungan dan bertemu kelompok agama serta kemanusiaan yang membantu “para imigran yang melarikan diri dari penindasan dan keruntuhan ekonomi,” kata Mayorkas.

Setelah perhentian singkat di El Paso, Biden terbang ke Mexico City untuk pertemuan puncak regional dengan para pemimpin Meksiko dan Kanada, di mana masalah keimigrasian regional juga menjadi agenda utama.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *