Banjir Masih Kepung Kudus Jateng, Jumlah Pengungsi Capai 1.128 Jiwa

Jumlah warga yang mengungsi akibat banjir yang tak kunjung surut di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, semakin bertambah. Per hari Minggu (8/1) pengungsi sudah mencapai 1.128 jiwa.

“Sabtu (7/1) jumlah pengungsi hanya 1.081 jiwa, hari ini (8/1) bertambah menjadi 1.128 jiwa. Sedangkan desa terdampak sebanyak 29 desa,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus Munaji mengutip Antara.

Menurut dia data pengungsi akan terus dimutakhirkan, terlebih curah hujan mulai berkurang.

Dari ratusan warga yang mengungsi tersebut, di antaranya dari Kecamatan Mejobo ada sembilan desa yang terdampak banjir, yakni Desa Temulus, Mejobo, Payaman, Gulang, Hadiwarno, Kesambi, Kirig, Jojo, dan Golantepus.

Sementara dari Kecamatan Jati, kata dia, berasal dari lima desa yang terdampak banjir, meliputi Desa Jati Wetan, Tanjung Karang, Jetis Kapuan, Pasuruan Lor, dan Jati Kulon. Sedangkan dari Kecamatan Undaan ada empat desa, meliputi Desa Karangrowo, Ngemplak, Undaan Lor, dan Wates.

Untuk desa terdampak di Kecamatan Kaliwungu ada tujuh desa. Di antaranya, Desa Setrokalangan, Kedungdowo, Blimbing Kidul, Banget, Garung Kidul, Prambatan Lor dan Gamong.

Kemudian di Kecamatan Jekulo juga ada empat desa, meliputi Desa Bulungcangkring, Bulung Kulon, Sadang, dan Gondoharum.

Untuk tempat pengungsian, kata dia, ada 12 lokasi pengungsian. Di antaranya ada yang menempati gedung DPRD Kudus, tempat ibadah, balai desa, gedung PKK, SD serta TPQ.

Selain menggenangi pemukiman penduduk, banjir juga menggenangi areal persawahan di lima kecamatan dengan total luas areal sawah mencapai 8.095 hetare.

Sejauh ini ada 15 dapur umum yang disiapkan kebutuhan makan warga yang masih bertahan di pengungsian maupun di rumah.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *