Satu RT di Jakarta Utara Tergenang Rob

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan satu RT di Jakarta Utara sudah tergenang banjir rob, Jumat (6/1) pagi.

RT yang terendam itu berada di Kelurahan Koja, Jakarta Utara. Ketinggian air laut yang meluap ke permukiman itu dilaporkan sekitar pukul 09.50 WIB.

“Saat ini (06/1) terjadi pasang air laut yang menyebabkan kenaikan status siaga Pintu Air Pasar Ikan menjadi Siaga 2 (Siaga) dan banjir pesisir (Rob) di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta,” tulis laporan BPBD.

Meskipun demikian, BPBD DKI memprediksi genangan di satu RT itu ditargetkan surut dalam waktu cepat.

BPBD sebelumnya mengingatkan warga di pesisir utara Jakarta untuk mewaspadai potensi banjir rob yang berlangsung pada periode 3-10 Januari 2023.

“BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan,” tulis laporan BPBD.

Tanggul pantai bocor

Sebelumnya, berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com ada sejumlah titik tanggul pantai yang bocor di Muara Baru, Jakarta Utara.

Salah satunya rembesan itu berasal dari lubang sebesar ibu jari pria dewasa. Rembesan air laut dari tanggul itu pun terpantau ada di beberapa titik di Pantai Muara Baru tersebut.

“Iya air laut, rembes, rembesan sama bocor dari sana,” kata ujar salah satu warga Siyatma (66) sembari menunjuk ke arah tanggul, Rabu (4/1).

Air menggenang dengan luas kurang lebih mencapai 500 meter dengan kedalaman berkisar 7-10 cm. Nampak juga sampah-sampah yang mengambang di atasnya.

Dari genangan tersebut, air laut itu mengalir menyerupai sungai kecil dengan diameter 1,5 meter ke arah daratan yang lebih rendah dan berujung di selokan.

Tampak juga segerombolan kawanan kambing yang minum dari genangan, dan masyarakat lainnya yang berlalu-lalang tanpa khawatir akan tanggul yang bocor.

Jarak antara tanggul yang bocor dengan rumah warga terbilang cukup jauh, kurang lebih berjarak sekitar 200-300 meter.

Siyatma juga tinggal tidak terlalu jauh dari lokasi, hanya berkisar 300 meter.

Pakar: Kebocoran tanggul tak boleh dianggap sepele

Pengamat tata kota Universitas Trisakti Nirwono Yoga menilai tanggul pantai yang bocor dan merembes tidak bisa dianggap sepele.

Nirwono menerangkan terjangan ombak laut yang terjadi secara terus-menerus lama kelamaan bisa berdampak tanggul tersebut jebol.

“Terjangan ombak dan gelombang laut yang kuat secara terus-menerus akan membuat retakan melebar dan tidak tertutup kemungkinan keretakan tersebut membuat tanggul jebol,” kata Nirwono kepada CNNIndonesia.com, Rabu (4/12).

Sementara, Sekretaris Dinas SDA DKI Jakarta Dudi Gardesi mengaku pihaknya kini tengah melakukan pengkajian dan segera membenahi keretakan pada tanggul tersebut.

“Teman-teman lagi pengkajian, tahun ini akan diperbaiki,” kata Dudi.

Alarm potensi banjir rob di pesisir utara Jakarta sebelumnya juga telah dibunyikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pada periode 3-10 Januari 2023

“Waspada banjir pesisir. Durasi: 03 Januari s.d 10 Januari 2023,” tulis BPBD melalui unggahan di akun Instagram-nya, Minggu (1/1)

Berdasarkan informasi dari BMKG, BPBD menyebut bahwa ada fenomena bulan purnama (full moon) pada Jumat, 6 Januari 2023, berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

Pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir rob berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia, diantaranya Pesisir utara DKI Jakarta.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *