Paus Fransiskus Akan Pimpin Pemakaman Benediktus XVI

Paus Fransiskus akan memimpin pemakaman pendahulunya Paus Emeritus Benediktus XVI pada Kamis 5 Januari 2023 di Vatikan. Ini meruapakan sebuah peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya di zaman modern yang diperkirakan akan menarik puluhan ribu orang.

Hampir satu dekade setelah Benediktus menjadi Paus pertama dalam enam abad yang mengundurkan diri, penggantinya akan memimpin misa requiem di Lapangan Santo Petrus yang luas sebelum jenazahnya disemayamkan di makam kepausan di bawah Basilika Santo Petrus.

“Paus emeritus asal Jerman itu tidak lagi menjadi kepala negara tetapi para pemimpin dunia termasuk Kanselir Jerman Olaf Scholz akan menghadiri pemakaman, bersama bangsawan Eropa dan 3.700 pendeta,” menurut Vatikan, seperti dikutip AFP.

Benediktus, lahir Joseph Ratzinger, meninggal pada Sabtu dalam usia 95 tahun. Keputusannya itu mengakhiri situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya karena memiliki dua ‘pria berbaju putih’ -,dia dan Fransiskus,- tinggal di Vatikan.

“Diperkirakan 195.000 orang telah memberikan penghormatan selama tiga hari berbaring di kenegaraan di Basilika,” kata Vatikan, jenazah Benediktus dalam jubah kepausan merah diletakkan di depan altar.

Pada Rabu malam, jasad Benediktus dipindahkan ke peti mati cemara untuk pemakaman Kamis, yang dimulai pukul 9:30 waktu setempat dan diperkirakan akan menarik 100.000 orang.

Benediktus kemudian akan dikebumikan di bekas makam Yohanes Paulus II di Grottoes Vatikan, sebuah ruang bawah tanah di bawah basilika yang menampung lebih dari 90 makam paus.

Jenazah pendahulunya dipindahkan ke bagian utama basilika pada peristiwa beatifikasinya pada 2011. Yohanes Paulus II dijadikan santo pada 2014.

Portugal telah mengumumkan hari berkabung nasional pada Kamis. Sementara di Italia, bendera akan dikibarkan setengah tiang di gedung-gedung publik.

Di Jerman, lonceng gereja akan berbunyi pada pukul 11:00 untuk mengenang paus Jerman pertama dalam 1.000 tahun.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : MSN

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *