Bawaslu: DKI Jakarta Provinsi Paling Rawan Pemilu 2024

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menyatakan DKI Jakarta menjadi provinsi paling rawan dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

Berdasarkan Indeks Kerawanan Pemilu 2024 Bawaslu, Jakarta menempati urutan pertama, disusul Sulawesi Utara, Maluku Utara, Jawa Barat, dan Kalimantan Timur.

“Ada lima provinsi yang rawan tinggi. Ternyata DKI Jakarta dengan 88,95, disusul Sulawesi Utara dengan 87,48, disusul Maluku Utara 84,86, Jawa Barat 77,04, dan Kalimantan Timur 77,04,” kata Anggota Bawaslu Lolly Suhenty di Jakarta, (16/12).

Indeks itu merupakan hasil penilaian Bawaslu dalam empat dimensi. Dimensi-dimensi yang dinilai adalah sosial dan politik, penyelenggara pemilu, kontestasi, serta partisipasi masyarakat.

Kerawanan paling tinggi di DKI Jakarta adalah dimensi penyelenggara pemilu dengan skor 96,09. Dimensi ini meliputi keamanan, otoritas penyelenggara pemilu, dan otoritas penyelenggara negara.

Selain itu, Indeks kerawanan kontestasi DKI Jakarta mendapat skor 96,09. Indeks kerawanan partisipasi di DKI Jakarta mencapai 87,01. Sementara indeks kerawanan sosial san politik di DKI Jakarta mendapat skor 78,27.

Bawaslu meminta Indeks Kerawanan Pemilu 2024 menjadi bekal bagi para pemangku kepentingan dan menjadi acuan untuk menyukseskan pemilu.

“Yang paling utama saat ini adalah pencegahan, dan yang paling utama kita harapkan demokrasi kita, pesta demokrasi kita, ajang demokrasi kita adalah ajang demokrasi yang kompetitif tinggi, tapi tetap dalam suasana gembira dan juga suasana kerangka Republik Indonesia,” ujar Ketua Bawaslu Rahmat Bagja.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Detik.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *