Eks Dubes RI untuk Bulgaria, Sri Astari Rasjid Meninggal Dunia

Mantan Duta Besar RI untuk Bulgaria, Sri Astari Rasjid meninggal dunia. Kabar meninggalnya Astari disampaikan Butet Kartaredjasa dalam akun Instagramnya.

“Selamat jalan Astari. Sore tadi jam 17.36, saya kirim video ke Mbak Astari, mendorong dia supaya optimis dapat mukjizat. Eh jam 19.48 waktu Singapore, Mbak Astari berpulang mendahului kita,” kata Butet, Minggu, 11 Desember 2022.

Menurut informasi, Astari Rasjid diketahui meninggal dunia di Farrer Park Hospital, Singapura pada Minggu malam, sekitar pukul 19.49 waktu setempat.

Astari merupakan seniman sekaligus seorang aktivis yang memperjuangkan feminisme. Ia dilantik Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk menjabat Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara sejak 2016 hingga 2020.

Dalam latar belakang pendidikannya, Astari sebelumnya mengenyam pendidikan di Universitas Indonesia (UI) pada tahun 1973, dan mengambil jurusan Sastra Inggris.

Astari melanjutkan pendidikan Advance Painting di Minnesota University, Amerika Serikat. Pada 1988, ia mengikuti Painting Course di Royal College of Art di London, Inggris.

Selama menjabat sebagai Dubes, Astari mendeskripsikan misi strategisnya sebagai ‘Diplomasi Budaya untuk Mendorong Perdamaian dan Harmoni’. Budaya menjadi fokusnya selama bertugas, dan ia berhasil memperkenalkan budaya Indonesia di sana.

“Kehidupan masyarakat Indonesia berjalan baik berdasarkan Pancasila, yang menjamin keyakinan beragama, kemanusiaan, identitas persatuan, demokrasi dan keadilan sosial,” kata Astari dalam wawancara khusus bersama Diplomatic Spectrum kala itu.

Ia menyampaikan, kebanggaannya pada Indonesia yaitu kesatuan, sifat saling gotong royongnya. “Masyarakat Indonesia adalah pekerja keras, jujur, baik hati dan memiliki spiritualitas tinggi, yang sudah diturunkan dari nenek moyang mereka selama berabad-abad. Dikenal sebagai masyarakat sopan dan bermoral tinggi, adalah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia,” ungkap Astari.

Pada 2020, ia menerima bintang penghargaan Madara Horseman-1st Degree dari Presiden Bulgaria, Rumen Radev. Penghargaan diberikan atas kecakapan dan kontribusi signifikan Duta Besar Sri Astari Rasjid dalam membangun, memperkuat, dan membina hubungan bilateral antara Bulgaria dan Indonesia.

Penghargaan tersebut diberikan melalui prosesi penganugerahan khusus yang dilaksanakan di Kantor Kepresidenan Republik Bulgaria dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Presiden Bulgaria, Rumen Radev juga mengapresiasi peran aktif Dubes Sri Astari Rasjid dalam mendorong interaksi yang lebih erat antara Pemerintah Bulgaria dengan komunitas diplomatik di Bulgaria.

“Bintang kehormatan ini saya anugerahkan sebagai bentuk pengakuan kepada Anda dalam membawa hubungan Indonesia dan Bulgaria pada tingkatan yang lebih tinggi. Ini tidak hanya berarti bagi kedua negara, tetapi juga bagi bangsa dan masyarakat,” kata Presiden Rumen Radev kepada Dubes Sri Astari Rasjid saat memberi penghargaan tersebut.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *