Feast Ungkap Sosok Ali dalam Album Abdi Lara Insani, Terinspirasi dari Lagu Bento

Baru-baru ini grup band .Feast yang digawangi oleh Baskara Putra (vokal), Adnan Satyanugraha (gitar), Dicky Renanda (gitar), Fadli Fikriawan (bass) dan Adrianus Aristo (drum) merilis sebuah album yang bertajuk Abdi Lara Insani.

Album ketiga persembahan .Feast ini berisikan delapan lagu yang dibungkus dengan rif-rif serta tempo medium menuju cepat ala mereka.

Mengulik tentang album terbaru dari .Feast ini, rupanya Baskara cs menonjolkan seorang tokoh bernama Ali.

Ali merupakan singkatan dari Abdi Lara Insani yang menjadi tajuk album ketiga dari .Feast.

Yang lebih menarik lagi, sosok Ali rupanya terinspirasi dari sosok Bento, lagu fenomenal dari penyanyi Iwan Fals.

“Sebelum tidur tuh Baskara dan Dicky biasalah pillow talk, eh kepikiran, kalau misalnya (lagu) Bento bawain versi modern lucu juga ya. Gue kepikiran nih, namanya Ali, ada singkatannya Abdi Lara Insani, itu paten bangetlah,” kata Adrianus Aristo alias Ryo Bodat dalam bincang-bincang dengan Kompas.com via Zoom, Kamis (8/12/2022).

Lebih lanjut, untuk proses kreatif lagu-lagu yang ada dalam album ketiga ini, .Feast berembuk hingga muncul delapan lagu yang disuguhkan.

Ryo menyebut bahwa sosok Ali merupakan seseorang yang punya perjalanan hidup dan memiliki idealisme tersendiri hingga akhirnya menjadi presiden.

“Setelah hari itu kita ngumpul berlima secara nama, judulnya cocok. Sampai akhirnya kita keluarnya inside-inside, kayak kita bikin website sendiri menyerupai partai, ya kita bikin ya kayak orang mau jadi ketua partai abis itu presiden aja udah,” tutur Ryo Bodat.

Abdi Lara Insani secara garis besar berfokus mengenai kekecewaan terhadap figur politik yang dirasa sama saja.

“Ya Ali juga gitu semena-mena, bahkan lebih parah karena mungkin dia punya idealisme terselubung balas dendam dan sejatinya, oke, gue di posisi ini gue kayak gini aja, mampus lu semua yang ancurin hidup gue,” tutur Ryo Bodat.

Lalu pesan apa yang ingin disampaikan oleh .Feast melalui album Abdi Lara Insani?

“Intinya album ini setiap orang berpotensi jadi Ali, kita enggak tahu posisi lu sekarang, tapi ketika lu dikasih kekuasaan lu akan jadi (kayak) power abuse juga. Sangat mungkin dilakukan orang, termasuk saya,” imbuh Adnan.

Album Abdi Lara Insani sudah bisa didengar melui platform musik digital.

Berikut delapan lagu dalam album Abdi Lara Insani:

1. “Berhenti di Kotak Pesan Suara”

2. “Bintang Massa Aksi”

3. “Camkan”

4. “Kuping Ini Makin Lalai”

5. “Gugatan Rakyat Semesta”

6. “Jaya”

7. “Ali”

8. “Senin Toko Tutup”

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *