Rima Melati Dapat Lifetime Achievement Piala Citra FFI 2022

Mendiang aktris senior Rima Melati mendapatkan Piala Citra sebagai Pengabdian Seumur Hidup (Lifetime Achievement) di Festival Film Indonesia (FFI) 2022 atas pengabdian dan kerja kerasnya di industri perfilman Indonesia.

Piala tersebut diterima oleh Widyawati selaku sahabat dan Aditya dan Hanneke Tumbuan yang merupakan anak mendiang Rima Melati. Mereka mengucapkan rasa syukur atas kemenangan itu.

“Bahagia sekali saya rasanya malam ini, dan lega, karena akhirnya, Rima Melati mendapatkan pengarhaan lifetime achievement yang seharusnya 10 tahun lalu dia mendapatkan ini,” kata Widyawati di JCC, Selasa (22/11).

“Terima kasih yang tak terhingga untuk FFI, untuk dewan juri yang telah mengapresiasi kerja almarhumah. Saya sungguh sangat terharu. Ini merupakan cerita berharga sebagai keluarga yang dapat kami teruskan,” ucap Aditya Tumbuan.

Ia juga mengomentari cuplikan tayangan film-film yang dibintangi Rima Melati sepanjang hidupnya. Aditya mengatakan sang ibunda merupakan pejuang wanita bagi industri perfilman Indonesia.

Hal serupa disampaikan Hanneke. Ia berterima kasih atas dukungan yang selama ini diberikan kepada sang ibunda, Rima Melati.

“Terima kasih untuk teman-teman yang mendukung mama selama ini, di dunia entertainment tentunya. Mama sedang senang sekali tentu sekarang, dan mama akan selalu berada di hati kalian masing-masing,” kata Hanneke.

Rima Melati merupakan aktris Indonesia yang berkarier sejak era 60-an. Berkarier lebih dari 60 tahun, Rima telah membintangi ratusan film Indonesia.

Ia memulai kariernya sebagai seorang aktris ketika membintangi Djuara Sepatu Roda pada 1958. Namun, ia meraih kesuksesan ketika menjadi pemeran utama film Intan Berduri.

Dalam film yang dibintangi bersama Benyamin Sueb, ia memenangkan Piala Citra pada Festival Film Indonesia pada 1973 untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik.

Selain itu, ia juga pernah meraih sejumlah penghargaan lainnya, seperti Pemeran Pembantu Wanita Terbaik FFI untuk fim Kupu-Kupu Putih (1984), Tinggal Landas buat Kekasih (1985), hingga Arini II (Biarkan Kereta Itu Lewat (1989).

Selain bermain dalam film layar lebar, Rima Melati juga turut berperan dalam sinetron. Beberapa di antaranya adalah Wulan, Kabut Sutera Ungu, dan Nyonya Nyonya Sosialita.

Ia juga pernah menjadi sutradara untuk beberapa serial televisi, yaitu Api Cinta Antonio Blanco (1997).

Rima Melati diketahui menikah dengan aktor Frans Tumbuan pada 3 Desember 1973. Dari pernikahan tersebut, Rima dan Frans memiliki 7 orang anak.

Namun, Rima kehilangan Frans ketika suaminya meningal pada 23 Maret 2015.

Kabar duka juga menyelimuti dunia perfilman Indonesia pada pertengahan tahun ini karena Rima Melati meninggal pada Kamis (23/6) di RSPAD Gatot Soebroto setelah sempat menjalani perawatan beberapa hari.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *