Nancy Pelosi, Ketua DPR Perempuan Pertama AS Tak Akan Maju Lagi di Kongres

Politikus Partai Demokrat Nancy Pelosi mengatakan bahwa dia akan mundur sebagai pemimpin Partai Demokrat di DPR Amerika Serikat (AS), ketika Partai Republik mengambil alih kendali kamar pada Januari.

Perempuan pertama yang menjadi Ketua di DPR AS mengatakan, waktunya generasi baru di Partai Demokrat yang maju.

“Saya tidak akan mencari pemilihan kembali untuk kepemimpinan Demokrat di Kongres berikutnya,” kata Pelosi dalam pidato emosional di DPR pada Kamis 17 November 2022, seperti dikutip AFP, Jumat 18 November 2022.

“Waktunya telah tiba bagi generasi baru untuk memimpin kaukus Demokrat,” imbuhnya.

Kepergian Pelosi yang berusia 82 tahun dari kepemimpinan partai menandai berakhirnya era di Washington dan terjadi setelah Partai Republik mengamankan mayoritas tipis DPR dalam pemilihan paruh waktu pekan lalu.

Presiden Joe Biden yang menjadi rekannya di Partai Demokrat memuji Pelosi sebagai “pembela demokrasi yang gigih” dan Ketua DPR “paling berpengaruh” dalam sejarah AS.

“Karena Nancy Pelosi, kehidupan jutaan dan jutaan orang Amerika menjadi lebih baik, bahkan di distrik-distrik yang diwakili oleh Partai Republik yang memberikan suara menentang RUUnya dan terlalu sering menjelekkannya,” kata Biden dalam sebuah pernyataan.

“Sejarah juga akan mencatat keganasan dan tekadnya untuk melindungi demokrasi kita dari kekerasan, pemberontakan mematikan pada 6 Januari. Ketika para pendukung mantan Presiden Donald Trump menyerang US Capitol,” tegas Biden.

Terpilih menjadi anggota Kongres pada 1987, Pelosi menjadi ketua pada tahun 2007, wanita pertama dan sejauh ini satu-satunya yang memegang jabatan yang kuat. Dikenal karena menjaga cengkeramannya di jajaran partai, dia memimpin kedua pemakzulan Trump selama tugas keduanya dalam peran tersebut.

Terbaik

Saat ini berada di urutan kedua dalam garis suksesi presiden, setelah Wakil Presiden Kamala Harris, Pelosi mengatakan pekan lalu bahwa keputusan tentang masa depannya akan dipengaruhi oleh serangan brutal terhadap suaminya menjelang pemilu paruh waktu 8 November.

Paul Pelosi, yang juga berusia 82 tahun, dirawat di rumah sakit dengan luka serius setelah penyusup yang mencariNancy masuk ke rumah mereka di California dan menyerangnya dengan palu.

Dalam pidatonya, yang disambut dengan tepuk tangan meriah dari anggota parlemen Demokrat, Pelosi menceritakan pandangan pertamanya tentang Capitol ketika dia berusia enam tahun dan perjalanannya dari “ibu rumah tangga menjadi ketua DPR”.

Dia memuji kinerja partainya yang lebih baik dari perkiraan dalam kontes paruh waktu sebagai kemenangan demokrasi.

“Minggu lalu, rakyat Amerika berbicara dan suara mereka dinaikkan untuk membela kebebasan, supremasi hukum dan demokrasi itu sendiri,” ujarnya.

Dengan Pelosi mengundurkan diri dari kepemimpinan, dan sesama oktogenarian Steny Hoyer dan James Clyburn, Demokrat nomor dua dan tiga, mengisyaratkan mereka akan melakukan hal yang sama, partai berada di titik puncak pergeseran generasi.

Anggota parlemen New York, Hakeem Jeffries, 52, yang diharapkan menjadi pemimpin minoritas Demokrat di DPR berikutnya, menyebut Pelosi sebagai “G.O.A.T” – referensi olahraga untuk Yang Terbesar Sepanjang Masa.

Pemimpin Mayoritas Senat Demokrat Chuck Schumer mengatakan dia “membuat negara kita menjadi tempat yang jauh lebih baik bagi wanita dan anak perempuan yang tak terhitung jumlahnya”.

“Nancy Pelosi adalah orang yang membuka jalan itu,” sebutnya.

Pengumuman Pelosi bertemu dengan reaksi yang jauh berbeda di sisi Partai Republik dan banyak anggota parlemen GOP tidak muncul untuk pidatonya. “Era Pelosi sudah berakhir. Selamat!” cuit anggota parlemen Colorado Lauren Boebert.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Realita Rakyat

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *