Hasil KTT G20 Bali Beri Dorongan Positif untuk Konferensi Perubahan Iklim PBB

Janji para pemimpin G20, yang negara-negaranya menyumbang sebagian besar emisi CO2 global, untuk mengejar target paling ambisius melawan pemanasan global menghembuskan nafas baru ke dalam pembicaraan KTT Perubahan iklim PBB (COP 27) yang padat di Mesir pada Rabu 16 November 2022.

Analis dan juru kampanye menyambut komunike akhir dari KTT G20 di Bali, ketika negosiator di Mesir sedang berjuang untuk menyepakati isu-isu kunci sebelum COP27 seharusnya berakhir pada hari Jumat.

“Sinyal positif dari KTT G20 seharusnya memberi angin pada layar pembicaraan iklim di Mesir, yang memasuki hari-hari terakhir mereka,” kata Ani Dasgupta, CEO World Resources Institute, seperti dikutip AFP, Kamis 17 November 2022.

Deklarasi para pemimpin KTT G20 berjanji untuk “mengejar upaya” untuk mengekang pemanasan global hingga 1,5 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri. Ini batas yang lebih aman menurut para ilmuwan.

“Hasil dari Bali ternyata sangat positif,” kata Fionna Smyth, kepala kebijakan dan advokasi global di Christian Aid.

“Apa yang mereka lakukan akan memainkan peran penting dalam cara kita mengatasi krisis iklim,” ujarnya.

Kehilangan dan kerusakan

Deklarasi KTT G20 juga membahas sumber utama ketegangan pada pembicaraan COP27: debat tentang pendanaan untuk membantu negara-negara berkembang yang paling tidak bertanggung jawab atas emisi global mengatasi dengan dampak perubahan iklim di sini-dan-sekarang, atau “kehilangan dan kerusakan”.

Komunike tersebut mendesak semua pihak untuk “membuat kemajuan dalam hal kerugian dan kerusakan pada COP27, yang diadakan di Afrika”, tanpa menetapkan cara khusus untuk masalah yang diperdebatkan tersebut.

Setelah berlarut-larut selama bertahun-tahun karena kekhawatiran akan menciptakan mekanisme reparasi, Amerika Serikat dan Uni Eropa setuju untuk mengalami kerugian dan kerusakan dalam agenda formal di COP27.

Tetapi kekuatan Barat dan sekelompok besar negara berkembang yang bersekutu dengan Tiongkok menyajikan pandangan yang sangat berbeda tentang bagaimana mencapai hal ini di resor Laut Merah, Sharm el-Sheikh.

Blok G77+Tiongkok yang beranggotakan lebih dari 130 negara berkembang mempresentasikan sebuah dokumen yang mengatakan perlunya dana khusus “kehilangan dan kerusakan” adalah “mendesak dan segera”.

Amerika Serikat dan Uni Eropa telah menyarankan bahwa memperluas saluran pendanaan iklim saat ini mungkin merupakan pendekatan yang lebih efisien daripada membuat yang baru.

Pernyataan G20 juga menegaskan kembali komitmen untuk menghapuskan subsidi bahan bakar fosil yang “tidak efisien” dalam jangka menengah. Sementara di saat bersamaan juga mengatakan bahwa para pemimpin mengakui pentingnya transisi ke energi terbarukan dan berjanji “mengupayakan pengurangan bertahap tenaga batu bara yang berkelanjutan”.

“Lanjutkan” mengacu pada emisi dari pembangkit listrik tenaga batu bara yang tidak disedot untuk mencegahnya memasuki atmosfer.

“Dokumen tersebut memberi negara mandat yang jelas untuk membuat kemajuan di COP27 dalam semua masalah. Ini termasuk kehilangan dan kerusakan, dan berkomitmen untuk mempercepat penerapan energi bersih,” kata Luca Bergamaschi, salah satu pendiri lembaga pemikir iklim Italia ECCO.

Namun, yang lain mengatakan pernyataan G20 tidak berarti banyak kemajuan.

Avinash Persaud, utusan khusus untuk pembiayaan iklim untuk Perdana Menteri Mia Mottley dari Barbados, mengatakan negara-negara G20 dapat membuka lebih banyak pembiayaan dari bank pembangunan multilateral dan “mendorong pompa” untuk investasi dalam transisi energi.

“Mereka melewatkan kesempatan untuk mewujudkannya hari ini, dan kita kehabisan waktu,” pungkas Persaud.

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *