PM Kamboja Positif COVID-19 Setiba di Bali untuk KTT G20, Lalu Memutuskan Pulang

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen mengatakan pada Selasa (15/11/2022) bahwa ia positif COVID-19, dan akan meninggalkan pertemuan KTT G20 di Bali. Ini beberapa hari setelah menjamu Presiden Joe Biden dan para pemimpin dunia lainnya dalam KTT ASEAN di ibu kota negaranya.

Diagnosis datang ketika para pemimpin ekonomi terkemuka G20 dan negara-negara lain memulai pertemuan dua hari di pulau resor Indonesia, Bali.

Dalam sebuah posting di halaman Facebook-nya, pemimpin Kamboja itu mengatakan dia positif terkena Virus Corona COVID-19 Senin 14 November 2022 malam. Seorang dokter Indonesia mengkonfirmasi diagnosis pada Selasa pagi.

PM Hun Sen kemudian membatalkan pertemuannya di G20 serta forum ekonomi APEC mendatang di Bangkok untuk pulang.

Gedung Putih mengatakan Joe Biden yang sempat duduk berdampingan di Kamboja, hasil tesnya negatif COVID-19 Selasa pagi dan tidak dianggap sebagai kontak dekat seperti yang didefinisikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Kedua pemimpin menghabiskan banyak waktu bersama pada Sabtu 12 November, dan menghadiri pertemuan bersama tetapi tidak duduk bersama seperti baru-baru ini pada Minggu 13 November.

Hun Sen mengatakan beruntung dia tiba di Bali Senin 14 November malam dan tidak dapat bergabung makan malam bersama Presiden Prancis Emmanuel Macron dan para pemimpin lainnya.

Ibu kota Kamboja, Phnom Penh, menjadi tuan rumah KTT Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara yang berakhir pada Minggu. PM Kamboja Hun Sen bertemu dan berjabat tangan dengan banyak pemimpin yang menghadiri pertemuan satu lawan satu, beberapa dalam beberapa kesempatan.

Selain Biden, para tamu termasuk Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, Perdana Menteri China Li Keqiang dan banyak lainnya.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : iNews.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *