Tito Karnavian Resmi Lantik Tiga Pj Gubernur Daerah Otonom Baru Papua

Tiga tokoh resmi dilantik sebagai penjabat (Pj) Gubernur di tiga daerah otonom baru (DOB) di Papua oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Kantor Kemendagri, Jakarta pada Jumat (11/11).

Ketiganya yakni Apolo Safanpo sebagai penjabat gubernur Papua Selatan, Nikolaus Kondomo menjadi penjabat gubernur Papua Pegunungan dan Ribka Haluk untuk penjabat Gubernur Papua Tengah.

Pelantikan diawali dengan pembacaan Keppres 115/P/2022 tentang pengangkatan Pj Gubernur di wilayah Papua. Adapun pelantikan dan pengambilan sumpah dipimpin langsung Tito di hadapan ketiga pejabat yang hadir.

“Sebelum saudara dilantik, bersedia kah mengucap janji menurut agama masing-masing?” tanya Tito.

“Bersedia,” jawab ketiga tokoh tersebut.

Setelah itu, Tito menuntun tiga tokoh tersebut untuk diambil sumpah sebagai penjabat gubernur.

“Saya berjanji, akan memenuhi kewajiban saya sebagai penjabat gubernur Papua Selatan, sebagai penjabat gubernur Papua Tengah, sebagai penjabat gubernur Papua Pegunungan dengan sebaik baiknya serta berbakti pada masyarakat nusa dan bangsa. Semoga Tuhan menolong saya,” bunyi sumpah jabatan yang dikatakan tiga tokoh itu secara serempak.

Setelah itu, ketiga penjabat gubernur itu menandatangani surat integritas dan berita acara pelantikan dan sumpah janji jabatan.

Sebelum menjabat sebagai penjabat gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo merupakan Rektor Universitas Cendrawasih. Ia sudah memegang jabatan di kampus tersebut sejak tahun 2017 hingga saat ini.

Apolo mendapatkan gelar sarjana teknik dari Universitas Negeri Surakarta tahun 1999. Kemudian mendapatkan gelar doktoral di Universitas Diponegoro Semarang tahun 2016. Sebelum menjadi rektor, Apolo menjabat sebagai Dekan di FT tahun 2012-2017, Ketua Jurusan Teknik Sipil FT tahun 2003-2005, Pembantu Dekan III FT tahun 2005-2012.

Sementara Nikolaus Kondomo merupakan seorang jaksa yang menjabat sebagai Kajati Papua sejak November tahun 2019 lalu. Nikolaus merupakan putra asli Papua. Ia sempat menjabat sebagai Wakil Jaksa Tinggi Kalimantan Tengah dan Wakil Jaksa Tinggi Papua.

Sementara Ribka Haluk merupakan seorang birokrat di Papua. Ia masih menjabat sebagai Pj Bupati Yalimo saat ini. Ribka juga sempat menjabat sebagai Pj Bupati Mappi pada tahun 2017 lalu usai masa jabatan Bupati dan wakil bupati di kawasan itu berakhir.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Detik.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *