Jokowi Terima Penghargaan Perdamaian dari ADFP, Diwakili Ma’ruf Amin

Abu Dhabi Forum for Peace (ADFP) memberikan penghargaan Al Hasan bin Ali untuk Perdamaian kepada Presiden Joko Widodo.
Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden ADFP Syekh Abdullah bin Bayyah kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin sebagai perwakilan di Hotel Emirates Palace Abu Dhabi, Rabu (03/11).

“Atas nama Presiden Joko Widodo dan Bangsa Indonesia, saya ucapkan terima kasih yang tulus kepada Forum Perdamaian Abu Dhabi,” ucap Ma’ruf dalam keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com.

Terpilihnya Presiden RI sebagai penerima Anugerah Perdamaian dari ADFP, kata Ma’ruf, merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia dan rakyatnya secara menyeluruh.

“Presiden RI dan rakyat Indonesia secara umum, dianggap telah menjadi contoh panutan dalam memperkuat perdamaian dan menyebarkan nilai-nilai toleransi di dunia,” ujarnya.

Untuk itu, Wapres mengharapkan penghargaan ini dapat terus memperkuat komitmen Indonesia dalam menjalankan amanah konstitusi untuk melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial.

“Sekali lagi, terima kasih dan semoga ADFP dapat terus berkembang dan menjadi wadah bagi seluruh cendekiawan, pemimpin, dan pemikir Muslim di dunia dalam menciptakan budaya damai,” pungkasnya.

Presiden ADFP Syekh Abdullah bin Bayyan menyampaikan bahwa alasan ADFP memilih Presiden Jokowi untuk menerima penghargaan ini karena selama ini dianggap mampu menjaga perdamaian dan memelihara kerukunan di Indonesia.

“Penghargaan ini juga sebelumnya kami berikan kepada sejumlah tokoh global yang memang berhak untuk menerimanya. Penghargaan Al Hasan bin Ali untuk Perdamaian ini merupakan simbol dan bahkan satu-satunya penghargaan yang diberikan dalam model ini,” katanya dalam keterangan tertulis.

Lebih lanjut, Syekh Abdullah menuturkan bahwa pemilihan nama Hasan bin Ali tidak lepas dari sejarah kepahlawanan Hasan bin Ali yang pernah mendamaikan konflik besar dua kubu di tanah Arab yakni Muawiyah dan Ali bin Abi Thalib.

“Ketika kami mendirikan ADFP ini, kami juga sekaligus membuat penghargaan ini sebagai bentuk pengambilan teladan kami dari Hasan bin Ali yang mana beliau adalah cucu Nabi Muhammad SAW,” ungkapnya.

 

 

 

 

Sumber : .cnnindonesia.com
Gambar : Tauberita.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *