BWF World Tour Finals Resmi Kembali ke Guangzhou, Pertama sejak 2019

Setelah dua edisi mengungsi ke negara lain, turnamen tutup tahun BWF World Tour Finals tahun resmi kembali ke Guangzhou, China.

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), memastikan BWF World Tour 2022 bakal digelar di Tianhe Stadium pada 14-18 Desember mendatang dengan hadiah total 1,5 juta dolar AS (sekitar Rp 22 miliar).

Kepastian BWF World Tour Finals 2022 dihelat di China terjadi setelah BWF mendapat restu dari Asosiasi Bulu Tangkis China (CBA) dan pemerintah Negeri Tirai Bambu.

“World Tour Finals adalah salah satu turnamen kami yang paling bergengsi tahun ini dan kami senang dapat bermitra dengan Asosiasi Badminton China dan sponsor untuk membawa turnamen kembali ke Guangzhou,” kata Sekretaris Jenderal BWF Thomas Lund, dikutip dari lamam BWF, Jumat (30/9/2022).

“Guangzhou telah menggelar dua edisi spektakuler dari BWF World Tour Finals pada tahun 2018 dan 2019 dan kami berharap dapat mengadakan pertunjukan besar lainnya untuk penggemar setia kami di China,” imbuh Thomas Lund.

Seperti yang sudah disinggung di atas, ini akan menjadi kali pertama BWF World Tour Finals kembali ke Guangzhou setelah tiga tahun.

Sebelumnya, terakhir kali China menggelar BWF World Tour Finals adalah pada 2019. Kala itu, Indonesia meraih satu gelar lewat pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Setelah itu, pada 2020 dan 2021 BWF World Tour Finals mengungsi ke negara lain karena Covid-19 dan pembatasan yang ketat di China.

BWF World Finals 2020 digelar di Bangkok, Thailand, sedangkan edisi 2021 dihelat di Nusa Dua, Bali, Indonesia.

Sayangnya, pengumuman perhelatan BWF World Tour 2022 juga disertai dengan pembatalan China Open 2022 (Super 1000) dan Fuzhou China Open 2022 (Super 750).

“Sayangnya, tidak mungkin melanjutkan rencana untuk menggelar dua turnamen di Changzhou dan Fuzhou,” kata Thomas Lund.

“Fokus sekarang beralih ke sisa turnamen HSBC BWF World Tour dan BWF Tour dengan poin besar yang ditawarkan selama beberapa minggu mendatang,” imbuhnya.

Dengan demikian, hanya tersisa tujuh turnamen bagi pemain/pasangan untuk mengamankan posisi mereka di BWF World Tour Finals 2022.

Ajang Australian Open 2022 pada 15-20 November akan menjadi turnamen terakhir dalam kualifikasi untuk BWF World Tour Finals 2022.

Hanya delapan peringkat teratas dunia pada setiap sektor yang berhak mengikuti BWF World Tour Finals 2022.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *