Presiden Belum Terima Rekomendasi Pengganti Anies Baswedan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku belum menerima nama-nama kandidat penjabat Gubernur DKI Jakarta yang direkomendasikan DPRD DKI Jakarta dan Kementerian Dalam Negeri. Sejatinya, ada tiga nama calon pengganti Anies Baswedan yang telah disetujui DPRD DKI.

“Belum sampai ke saya. Mungkin baru sampai ke Mendagri,” ujar Jokowi selepas meresmikan Tol Cibitung-Cilincing di Jawa Barat, Selasa, 20 September 2022.

Kepala Negara pun mengaku belum memiliki gambaran siapa yang akan menggantikan tugas Anies Baswedan memimpin Jakarta hingga 2024. Ia hanya memastikan pemilihan Pj Gubernur DKI Jakarta akan melalui banyak pertimbangan.

“Saya kira kriterianya banyak sekali. Nanti saja kalau sudah ada nama, nanti kita putuskan,” ucap Jokowi.

DPRD DKI Jakarta telah merampungkan pemilihan calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta. Hal itu dilakukan melalui Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) di ruang Rapat Paripurna (Rapur) DPRD DKI.

Rapimgab memutuskan tiga nama yang akan diserahkan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Ketiga nama berdasarkan suara terbanyak dari seluruh fraksi di DPRD DKI.

Ketiga kandidat itu yakni Kepala Sekretriat Kepresidenan (Kasetpres) Heru Budi Hartono, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kemendagri Bahtiar, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali.

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Media Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *