PM Kanada Umumkan Libur Nasional untuk Pemakaman Ratu Elizabeth II

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengumumkan bahwa hari Senin mendatang, di prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II, akan ditetapkan sebagai hari libur untuk mengenang kepergian sang Ratu.

“Pada 19 September, penduduk Kanada di seluruh negeri akan memberi hormat mereka pada penguasa terlama yang dimiliki Kanada, Yang Mulia Ratu Elizabeth II,” ujar Trudeau, seperti dikutip dari laman India Today pada Rabu, 14 September 2022.

Untuk sebagian besar penduduk Kanada, beliau adalah satu-satunya Ratu yang kita ketahui dan banyak dari kita yang merasakan kasih sayang mendalam serta apresiasi akan dedikasinya kepada Kanada,” sambungnya.

Karena hal itu, lanjut Trudeau, pemerintah menetapkan hari Senin mendatang menjadi hari libur untuk semua pegawai pemerintahan federal. Sementara itu, pemilik perusahaan, termasuk pemerintah provinsi dan wilayah, tidak diwajibkan mengikuti aturan ini.

Menanggapi aturan ini, perdana menteri dari New Brunswick, Newfoundland dan Labrador mengeluarkan pernyataan yang menyatakan bahwa hari Senin akan menjadi liburan yang hanya berlaku satu kali tanpa diulang tahun depan.

“Ontario akan mengamati hari di mana pemakaman terjadi, yaitu pada hari Senin. Namun tempat yang dikelola oleh provinsi seperti sekolah akan tetap buka,” ujar Perdana Menteri Doug, seorang Konservatif, dalam pendapatnya.

“Keputusan ini memberikan kesempatan bagi murid-murid untuk tetap berada di sekolah dan belajar tentang banyaknya kontribusi Sang Ratu terhadap orang-orang di Ontario, Canada serta seluruh persemakmuran (Commonwealth),” tambah Ford.

Kanada mengumumkan 10 hari masa berkabung Ratu Elizabeth II meninggal dunia di Skotlandia pada Kamis, 8 September lalu. Trudeau, yang mengatakan sang Ratu adalah salah satu tokoh favoritnya, dijadwalkan hadir di upacara pemakaman di Inggris.

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : MSN

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *