Waspada Hujan dan Angin Kencang di Tangerang pada 12-13 September 2022

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah II mengeluarkan peringatan dini prakiraan cuaca Senin dan Selasa, 12-13 September 2022, untuk wilayah Provinsi Banten, termasuk Tangerang Raya.

Dalam laporannya, BMKG membuat peringatan dini tentang potensi adanya hujan hingga angin kencang yang melanda sebagian besar wilayah Banten.

“Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang bagian Tengah dan Selatan, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Pandeglang bagian Utara,” ujar Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Hendro.

Adapun di Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang, prakiraan waktu terjadinya hujan ringan pada pukul 07.00 pagi. Sementara untuk wilayah Kecamatan Kelapa Dua, Pagedangan, Serpong dan sekitarnya, hingga saat ini tampak mendung.

Lalu, hujan sedang pada pukul 13.00 WIB, sampai hujan ringan pada pukul 16.00 WIB. Untuk malam hingga dini hari cuaca akan cenderung berawan.

“Masyarakat diminta waspada, hati-hati dalam berkendara,” kata Hendro.

BMKG: Waspada Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Sejumlah Perairan Indonesia

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga yang beraktivitas di pesisir dan laut untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi di sejumlah perairan Indonesia. Gelombang tinggi bisa terjadi pada tanggal 11 – 12 September 2022.

“BMKG menghimbau masyarakat untuk waspada gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan di Indonesia pada 11 – 12 September 2022,” tulis keterangan resmi BMKG, pada Minggu (11/9/2022).

Menurut BMKG, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 3 – 15 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur – Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 – 20 knot.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan selatan Banten – Jawa Barat dan Samudra Hindia Selatan Banten,” kata BMKG.

Kondisi itu menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1.25 – 2.5 meter di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh – Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu – Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan P. Sawu – Rote, Laut Sawu, Selat Makasar bagian selatan, Lau Arafuru bagian timur.

Kisaran Tinggi Gelombang

Untuk gelombang di kisaran lebih tinggi 2.50 – 4.0 meter berpeluang terjadi di perairan selatan Banten – Sumbawa, Selat Bali – Lombok – Alas bagian selatan, Samudra Hindia Selatan Jawa – NTB.

Maka, BMKG selalu menghimbau masyarakat untuk selalu waspada, terutama bagi yang menggunakan moda transportasi seperti perahu maupun kapal.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” imbau BMKG.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *