DPRD DKI Rapat Bahas 3 Nama Pj Gubernur Pengganti Anies

Sembilan fraksi partai politik pemilik kursi di DPRD DKI Jakarta menggelar rapat untuk membahas calon penjabat gubernur pengganti Anies Baswedan pada hari ini, Senin (12/9).

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyebut rapat pimpinan gabungan (rapimgab) dihelat untuk membahas tiga nama sebelum diajukan ke pemerintah pusat.

“DPRD akan segera menyiapkan tiga sosok pengganti Gubernur DKI Jakarta. InsyaAllah, tiga sosok tersebut akan kami bahas bersama dalam rapat pimpinan dari sembilan fraksi di DPRD DKI Jakarta yang akan digelar Senin besok,” kata Pras di akun Instagram pribadinya, @prasetyoedimarsudi, Minggu (11/9).

Sesuai arahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), DPRD harus menyerahkan tiga nama calon Pj Gubernur DKI paling lambat tanggal 16 September 2022.

Ia berharap proses dan mekanisme ini dapat menentukan calon Pj Gubernur yang berintegritas.

Pj Gubernur yang dipilih nanti bakal menjabat selama dua tahun sebelum ada gubernur definitif yang terpilih di Pilkada Serentak pada November 2024.

“Semoga proses dan mekanisme ini mampu melahirkan sosok yang berintegritas untuk menyentuh langsung persoalan yang dialami warga Jakarta lima tahun terakhir, dalam waktu dua tahun yang sangat singkat kedepan,” ungkap Pras.

Berdasarkan surat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang dilayangkan ke DPRD DKI Jakarta, tiga nama calon PJ Gubernur DKI Jakarta paling lambat dikirimkan 16 September atau satu bulan sebelum masa jabatan Anies Habis.

Diketahui, Anies Baswedan akan habis masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta per 16 Oktober mendatang.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyatakan calon Pj Gubernur DKI yang diajukan ke Presiden Joko Widodo bakal berjumlah enam orang. Enam nama calon itu akan diusulkan dua pihak, tiga dari DPRD DKI Jakarta dan tiga dari Kemendagri.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Pikiran Rakyat

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *