Ratu Elizabeth Wafat, Lagu Kebangsaan Inggris Jadi ‘God Save The King’

Lagu kebangsaan nasional Inggris “God Save The Queen” disebut bakal berubah menyusul perubahan takhta di Kerajaan Inggris menyusul kepergian Ratu Elizabeth II yang wafat pada Kamis (8/9).

Setelah kepergian Ratu Elizabeth II, Kerajaan Inggris akan dipimpin oleh raja lantaran putra sulung mediang ratu, Pangeran Charles, yang akan meneruskan takhta kerajaan sesuai urutan suksesi.

Charles langsung menggantikan sang ibunda sebagai pemimpin Kerajaan Inggris tak lama usai kabar duka dari kerajaan dirilis pada Kamis petang. Meski begitu, kenaikan Charles sebagai Raja Inggris baru akan diumumkan pada Sabtu (10/9) besok.

Sementara itu, hingga kini, belum ada jadwal pasti kapan Pangeran Charles akan resmi dinobatkan atau diangkat menjadi Raja Inggris.

Dengan begitu, lagu kebangsaan Inggris yang semula berjudul “God Save The Queen” disebut akan berubah menjadi “God Save The King” lantaran yang memimpin kerajaan kini adalah seorang raja.

Untuk pertama kalinya sejak 1952, upacara kenegaraan hingga pertandingan klub olah raga nasional akan mengubah lirik dalam lagu kebangsaan yang semula “God Save The Queen” menjadi “God Save The King”.

Melansir New York Times, dalam konstitusi Inggris, lirik dan judul lagu kebangsaan akan menyesuaikan siapa yang memimpin Kerajaan Inggris pada masanya. Sebab, konstitusi Inggris tidak menuliskan lirik lagu kebangsaan sehingga bisa dapat segera berubah.

Melansir New York Post, isi lagu kebangsaan akan tetap sama, namun setiap lirik kata “ratu” diganti menjadi “raja”, dan kata ganti dia (she/her) diubah menjadi dia (he/him).

Lagu kebangsaan Inggris dibuat sejak abad 18. Mulanya ‘God Save The King’ adalah lagu patriotik yang pertama kali ditampilkan di depan umum di London pada tahun 1745, yang kemudian dikenal sebagai lagu kebangsaan pada awal abad ke-19 untuk menghormati Raja George III.

Meski begitu, hingga kini baik pemerintah Inggris dan Istana Buckingham belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait perubahan lagu kebangsaan ini.

Berikut lirik lengkap lagu kebangsaan Inggris:

God save our gracious Queen!
Long live our noble Queen!
God save the Queen!
Send her victorious,
Happy and glorious,
Long to reign over us,
God save the Queen.

Thy choicest gifts in store
On her be pleased to pour,
Long may she reign.
May she defend our laws,
And ever give us cause,
To sing with heart and voice,
God save the Queen.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Detik.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *