Pangeran Charles Diumumkan Jadi Raja Inggris Besok

Pangeran Charles bakal dinobatkan menjadi Raja Inggris pada Sabtu (10/9), mengambil alih takhta kerajaan setelah ibunya, Ratu Elizabeth II, meninggal dunia pada Kamis.

Sesuai tradisi, penobatan Charles ini diumumkan oleh Dewan Aksesi di Istana St. James di London, 24 jam setelah kematian penguasa Inggris.

Seluruh anggota dewan tersebut biasanya dipanggil ke acara Dewan Aksesi untuk memantau proklamasi resmi penguasa baru Inggris.

Namun, mengingat jumlah anggota dewan kini mencapai lebih dari 700, pembatasan pun dilakukan. Sebagaimana diberitakan The Guardian, hanya 200 orang yang akan dipanggil ke acara tersebut.

Acara dewan tersebut harus berlangsung sebelum parlemen bertemu. Parlemen sendiri harus berkumpul secepatnya setelah Ratu Elizabeth meninggal dunia.

The Independent melaporkan bahwa anggota dewan yang terpilih berkumpul di Istana St. James untuk mengumumkan penguasa baru. Namun, acara tersebut tak dihadiri oleh sang pewaris takhta.

Dalam pertemuan yang sudah dilakukan pada Kamis itu, Lord President mengumumkan kematian penguasa, yaitu Ratu Elizabeth II. Ia lalu memanggil Clerk of the Council untuk membacakan Proklamasi Aksesi.

Dalam proklamasi itu, Charles bakal memilih gelarnya, yang kini telah diketahui adalah Raja Charles III.

Proklamasi itu lalu ditandatangani oleh beberapa pihak terkait, yakni Camilla dan William, Uskup Agung Canterbury, Lord Chancellor, Uskup Agung York, Perdana Menteri, Lord Privy Seal, Lord Great Chamberlain, Earl Marshal, dan Lord President.

Setelah itu, Charles kemudian mengadakan pertemuan dewan pertamanya. Pertemuan ini hanya dihadiri oleh anggota dewan.

Dalam pertemuan itu, Charles mengumumkan deklarasi kematian Ratu dan membacakan beberapa sumpah. Setelah acara Dewan Aksesi ini, barulah proklamasi pertama atas kekuasaan baru disampaikan kepada publik.

Proklamasi ini disampaikan oleh Garter King of Arms di Istana St. James. Dalam acara tersebut, terompet dibunyikan, diikuti dengan tembakan penghormatan di Hyde Park dan Tower of London.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *