Acha Septriasa Cerita Hanya Punya Satu Ginjal Sejak Lahir

Acha Septriasa mengaku bahwa dirinya adalah orang yang lahir dengan kondisi hanya memiliki satu ginjal. Namun kondisi itu baru diketahui olehnya setelah pada usia 18 tahun.

Saat menjadi bintang tamu di acara For Your Pagee Trans 7, Rabu (7/9), Acha mengetahui kondisi tersebut setelah dirinya seringkali sakit dan pingsan kala syuting.

“Iya, karena waktu itu kan lagi syuting film, aku sering pingsan. Terus biasanya kalau lagi syuting kan sampai 20 jam, itu aku enggak kuat begitu,” kata Acha.

“Terus ternyata aku kan memang dulu jarang minum, pokoknya minum itu seadanya aja. Terus habis itu suka menahan pipis kalo di lokasi syuting, karena kadang-kadang di jalanan, kita juga enggak sempat gitu kan?,” lanjutnya.

Mengetahui bahwa kondisi kesehatannya terus memburuk, Acha pun memeriksakan kondisi itu ke rumah sakit. Terlebih, dirinya juga mengaku sering keluar masuk rumah sakit karena kondisi kesehatannya itu.

Hingga kemudian, ketika dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter, Acha mengetahui bahwa hanya terdapat satu buah ginjal pada tubuhnya.

“Ternyata pas lagi di USG, di bagian kiri ‘Lho kok ada nih? Di kanan kok enggak ada?’,” cetus Acha sembari menunjukkan bagian pinggangnya.

“Akhirnya masuk ke dalam apa sih itu namanya? CT Scan ya? Terus abis itu pas dicari, enggak ada sama sekali di sebelah kanan, kosong. Ya sudah, dinyatakanlah kalau aku tuh ternyata dari kecil (memiliki satu ginjal),” lanjutnya.

Namun Acha juga menegaskan bahwa kondisi medis yang merupakan bawaan lahir ini bukanlah penyebab utama dirinya seringkali masuk rumah sakit di masa lalu.

Kebiasaan buruk untuk menahan buang air kecil serta kekurangan asupan air putih adalah faktor utama dirinya kerap menjalani perawatan di rumah sakit.

Terlebih setelah mengetahui bahwa hanya memiliki satu ginjal, ia memastikan untuk menjaga tubuhnya dengan lebih saksama.

“Rasanya itu gampang capek, selalu mengeluh sakit di (pinggang) sebelah kiri, karena kan itu bekerja satu (ginjal) tapi nge-kover buat berdua,” jelas Acha.

“Sebenarnya enggak ada masalah ternyata (memiliki satu ginjal). Cuma yang salahnya aku itu jarang minum sama suka menahan buang air kecil,” tegasnya.

“Akhirnya bisa kronik juga kalau enggak diperhatiin,” tambahnya.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : iNews.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *