Hari Ini Anies Diperiksa KPK terkait Formula E

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Gubernur DKI Anies Baswedan terkait penyelidikan penyelenggaraan Formula E Jakarta, Rabu (7/9).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri menyebut Anies sebagai pimpinan tertinggi mengetahui banyak perihal acara tersebut. Oleh karena itu, sambungnya, KPK membutuhkan keterangan Anies dalam penyelidikan penyelenggaraan Formula E.

“Dalam proses penyelidikan KPK tentu dapat mengundang berbagai pihak untuk dikonfirmasi dan diklarifikasi oleh tim penyelidik KPK sehingga siapa pun jika memang keterangannya dibutuhkan pasti akan kami panggil,” ujar Ali, Selasa (6/9).

Ia menjelaskan klarifikasi diperlukan untuk mengumpulkan bahan keterangan dalam rangka mencari dan menemukan dugaan peristiwa pidana. Hal ini juga untuk menindaklanjuti laporan masyarakat.

“Proses ini sebagai salah satu langkah agar KPK bisa mendapatkan gambaran awal dan utuh terkait dugaan peristiwa pidana dimaksud,” terang Ali.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyebut pihaknya bakal mendalami sejumlah hal, termasuk kemungkinan kerugian negara dalam ajang Formula E.

“Ketika ada peraturan yang dilanggar atau penyalahgunaan kewenangan, apakah ada kerugian negara, kan begitu,” ujar dia.

Alex mengatakan tim penyelidik juga kemungkinan besar bakal mendalami soal proses perencanaan Formula E sejak awal hingga pertanggungjawabannya.

Di sisi lain, KPK juga bakal mendalami apakah gelaran mobil listrik itu mendapatkan keuntungan atau tidak. Sebab, pihaknya beranggapan ajang balap mobil listrik itu sedari awal tujuannya bisnis.

“Karena kalau tujuannya bisnis kan pasti pertimbangannya ini nanti mendapatkan keuntungan, banyak wisatawan yang datang menginap, menumbuhkan ekonomi, kan seperti itu yang perlu kita klarifikasi. Bagaimana penganggarannya?” kata Alex.

Di sisi lain, Anies menyatakan akan datang memenuhi panggilan KPK untuk memberikan keterangan.

“InsyaAllah saya akan datang dan akan membantu untuk bisa membuat semuanya menjadi jelas,” kata Anies awal pekan ini.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Suara.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *